Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19283Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tulikup di kelas III Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPS masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 58,33 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 63,54 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,25. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 4 Tulikup.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC), Prestasi Belajar.
References
Aprilianty, Evie, Yani Kusmarni, Farida Sarimaya. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading Andcomposition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Factum Volume 5, Nomor 2, Hal. 187-202. Tersedia Pada: http://jurnal.upi.edu/file/EVIE_APRILIANTY,_YK_FS.pdf.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ariyandika, Noviani, Rohana, Jayanti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 22 Palembang. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 Hal. 40-51. Tersedia Pada: http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/17/17.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.
Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.
Depdiknas. 2002. Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Depdiknas. 2010. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Depdiknas. 2011. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal.
Depdiknas. 2011. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal.
Fridani, Lara, dkk. 2009. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ilham, Mhd. Jasri, Muakibatul Hasanah, Yuni Pratiwi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Bermuatan Nilai Karakter terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Humaniora Vol. 4 No. 3 Hal 121-131. Tersedia Pada: http://journal.um.ac.id/index.php/jph.
Irawadi, Made Hela. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Karya Ilmiah di Kelas XII AP I Smk Negeri 1 Seririt. E-Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia Undiksha Volume 3 Nomor 1.
Jenisa, Kintan, Asri Lubis. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Education Buuilding Vol. 2 No. 1 Hal. 77-86. Tersedia Pada: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/eb/article/view/3850/0.
Martinis Yamin dan Jamila Sabri Sanan. 2013. Panduan PAUD. Ciputan : Gaung Persada Press Group.
Sukiastini, I G. A. N. K., I W. Sadia, I W. Suastra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Vol. 3. Tersedia Pada: http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/760.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)