Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Medialingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19322Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaransnowball throwing berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus III Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Non Equivalen Control Group Desain. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD yang ada di Gugus III Kuta Utara yang berjumlah 505 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling.Sampel yang didapat disetarakan terlebih dahulu menggunakan uji-t polled varians. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditentukan melalui pengundian sehingga diperoleh, siswa kelas IV A SD No 1 Kerobokan Kaja sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV A SD No 1 Kerobokan sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa yang berjumlah 30 soal yang telah divalidasi. Analisis data kompetensi pengetahuan IPA menggunakan uji-t dengan rumus polled varians , diperoleh thitung = 3,189>ttabel= 2,000 dengan dk= 70 pada taraf signifikansi 5%. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil perhitungan data kompetensi pengetahuan IPA menunjukkan nilai rerata pada kelompok ekperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rerata kelompok kontrol ( eksperimen= 80,03 > kontrol= 76,22). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus III Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci : Snowball Throwing, Media Lingkungan, Kompetensi Pengetahuan IPA
References
Agung, A.A.Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, A.A.Gede. 2016. Statistik Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, Suharsimi.2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Ari, Suandayani. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siwa Kelas IV Sekolah Dasar”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.i/index.php/JJPGSD/article/viewfile/ (diakses tanggal 17 Januari 2018).
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Astuti, Rai .2013. “Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus III Kerobokan Kaja”. https://ejournal.undiksha.ac.i/index.php/JJPGSD/article/viewfile/ (diakses tanggal 17 Januari 2018).
Hamalik, Oermar.2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Husamah. 2013. Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya Publisher.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani.2017.Model Pembelajaran.Surabaya:Kata Pena
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani.2014.Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013.Surabaya:Kata Pena
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Mu’affifah, Annisa’ul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Satuan Ukur Siswa Kelas IV Disekolah Dasar. Tersedia pada http:jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15483/19482 (diakses tanggal 17 Januari 2018).
Putra, Sri. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.i/index.php/JJPGSD/article/viewfile/
(diakses tanggal 17 Januari 2018).
Permendikbud.2014.Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebuayaan Republik Indonesia Nomor 57 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Permendikbud.2014.Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebuayaan Republik Indonesia Nomor 104 tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Permendikbud.2014.Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebuayaan Republik Indonesia Nomor 103 tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Permendikbud.2016.Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebuayaan Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Samatowa usman. 2016. Pembelajaran IPA d Sekolh Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Setyosari Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:Prenadamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)..Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)..Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamsah dan Nurdin Mohamad.
Belajar dengan Pendekatan.Jakarta:PT Bumi Aksara
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta : Presiden Republik Indonesia
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)