Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19344Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiriberbantuan media konkret dengan kelompok siswa yang yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus IV Kuta Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi-experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Gugus IV Kuta Selatan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 12 kelas dan 416 orang. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVC SD No. 10 Jimbaran sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVC SD No. 4 Jimbaran sebagai kelompok kontrol. Data penguasaan kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 34 butir soal yang divalidasi. Data mengenai kompetensi pengetahua IPA siswa kelas IV dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Selanjutnya data kompetensi pengetahuan IPA yang diperoleh berupa data gain skor ternormalisasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata gain skor kelompok eksperimen 12X1"> dan kelompok kontrol 12X2"> , yaitu 0,48 > 0,33. Melalui uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel, yaitu 2,941 > 2,000 dengan dk = 67 dan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan media konkret berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus IV Kuta Selatan.
Kata Kunci: Konkret, Inkuiri, Kompetensi Pengetahuan IPA
References
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran.Jakarta: Rajawali Pers.
Asriyani, Sri. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Cerita Rakyat Terhadap Literasi Siswa Kelas III SD Gugus II Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung Tahun Pelajaran 2016/2017”.Pacasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, Nomor 2 (diakses tanggal 9 Januari 2018).
Budiyanto, Krisno.2016. Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Sudent Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.
Israwani. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Operasi Hitung Bilangan di Kelas I SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Vol. 3, No. 2, Hal. 55-64. Tersedia Pada : http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5717. (diakses tanggal 9 Januari 2018).
Lahadisi. 2014. Inkuiri: Sebuah Strategi Menuju Pembelajaran Bermakna. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 7 No. 2 Hal. 85-98. Tersedia Pada : http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/319. (diakses tanggal 9 Januari 2018).
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.
Siagian, Roida Eva Flora, dan Maya Nurfitriyanti. 2011. Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Belajar. Jurnal Formatif Vol. 2 No. 1 Hal. 35-44. Tersedia Pada : http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/85. (diakses tanggal 9 Januari 2018).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, S., Bimo Budi Santoso, Achmad Rante Suparman. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 5, Nomor 1 Hal. 21-30. Tersedia Pada : http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/17. (diakses tanggal 9 Januari 2018).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran diSekolah Dasar. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Taufina, 2016. Mozaik Penilaian Pembelajaran Dan Apresiasi Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)