Kontribusi Komunikasi Interpersonal dan Self-confidence Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.26539Abstract
Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa disekolah telah menjadi masalah yang harus diperhatikan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah komunikasi interpersonal dan self-confidence. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran kontribusi komunikasi interpersonal dan self-confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 490 orang siswa. Sampel ditetapkan dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dari populasi ini adalah 210 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data komunikasi interpersonal dan self-confidence diperoleh dengan penyebaran kuesioner dan data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan komunikasi interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 54,1%, terdapat kontribusi yang signifikan self-confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 47,3%, serta terdapat kontribusi yang signifikan komunikasi interpersonal dan self-confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 58,5%. Dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal dan self-confidence berkonstribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V.References
Afni, R. A., Madihah, H., & Susanto, D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training. An-Nur: Jurnal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(3). https://doi.org/10.31602/jmbkan.v3i3.1232
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self-confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02). https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7520
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279
Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi sains dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA terpadu tipe shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9650
Dewi, K. K. S., Sedanayasa, G., & Antari, N. N. M. (2014). Kontribusi Kualitas Komunikasi Interpersonal Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. JJBK Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3715
Dewi, V. P. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Yang Memiliki Kecenderungan Adiksi Situs Jejaring Sosial. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 105–114. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10873
Hasanah, H. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dalam Menurunkan Problem Tekanan Emosi Berbasis Gender. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11(1). https://doi.org/10.21580/sa.v11i1.1446
Khairiah, K., Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Mulawarman Banjarmasin Pada Mata Pelajaran IPA. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3). https://doi.org/10.20527/bipf.v3i3.812
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474
Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32–37. https://doi.org/10.29210/140800
Murtiningsih, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Sarana Belajar, Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Penerima Bsm (Bantuan Siswa Miskin) Smp Negeri Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 178–191. http://dx.doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p178-191
Prasetyo W., A., & Winoto, Y. (2016). Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Karyawan Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Jawa Barat Dan Hubungannya Dengan Kinerja Tenaga Perpustakaan. Humanus, 12(2), 32. https://doi.org/10.24036/jh.v15i1.6410
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori & Terapan, 7(1), 43–49. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49
Purnomo, D. P., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p055
Putra, H. D., & Putri, W. A. S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 60–70. http://doi.org/10.5281/zenodo.1405918
Ritonga, S. A., & Hasibuan, E. J. (2016). Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Autis Di Slb Taman Pendidikan Islam (Tpi). JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 2(2). https://doi.org/10.31289/simbollika.v2i2.1030
Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3). https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sujadi, E., Yusuf, A. M., & Marjohan, M. (2016). Hubungan antara Locus Of Control dan Efektivitas Komunikasi antar Pribadi dengan Problem Focused Coping. Konselor, 5(1). https://doi.org/10.24036/02016516490-0-00
Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Supriono, S. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) tentang makhluk hidup pada peserta didik kelas III SDN 1 Padaan melalui metode mind mapping. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), 33(1). https://doi.org/10.15294/jpp.v33i1.7674
Widyastuti, D. A. (2018). Potret interpersonal communication skill mahasiswa calon konselor. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 53. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.2027
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)