Peningkatan Kemampuan Guru Normatif dan Adaptif dalam Menyusun Program Pembelajaran melalui Pelaksanaan In House Training
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17603Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru Normatif dan Adaptif dalam menyusun Program Pembelajaran melalui pelaksanaan In House Training di SMK Negeri 1 Mas Ubud. Dari hasil pengamatan yang Peneliti lakukan terdapat data dan informasi bahwa dokumen program pembelajaran pada mata pelajaran Normatif dan Adaptif belum tersusun secara lengkap oleh guru sehingga menyulitkan bagi guru dalam mengadministrasikan dokumen pembelajaran dengan baik. Jika dilakukan pengecekan terhadap dokumen program pembelajaran rata-rata guru belum mempunyai dokumen pembelajaran secara lengkap. Berdasarkan kondisi tersebut Peneliti berupaya melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kemampuan guru dalam menyusun dokumen program pembelajaran melalui pelaksanaan In House Training di sekolah. Karena dengan cara ini diyakini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun program pembelajaran dengan lebih baik dan sistematis. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan di SMK Negeri 1 Mas Ubud pada bulan Juli tahun 2006 dengan obyek guru Normatif dan Guru Adaptif sebanyak 15 Orang dan pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan secara kolaboratif dengan partisipatif pelaksanaannya selama 2 siklus penelitian. Data hasil penelitian yang telah dikumpulkan melalui penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Program Pembelajaran pada mata pelajaran Normatif dan Adaptif, setelah dilakukan In House Training di Sekolah secara terprogram. Berdasarkan data yang diperoleh dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan In House Training dapat meningkatkan kemampuan guru Normatif dan Adaptif dalam menyusun Program Pembelajaran di SMK Negeri 1 mas Ubud tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Guru Normatif dan Adaptif, In House Training
Referensi
Baharuddin, Rabial Kanada. 2017. Pengembanganprofesionalisme Guru Melalui In House Training. Journal of Islamic Education Management Vol. 3 No. 2 Hal. 1-20. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare. Diakses 17 Mei 2019.
Corinorita. 2016. Pelaksanaan In House Training untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 1, Maret 2017.
Dharmawan, K., dkk. 2016. Model Pembinaan ‘In-House Training’ Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Udayana Mengabdi Volume 15 Nomor 2. https://ojs.unud.ac.id/index.php. Diakses 17 Mei 2019.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ervanti Ayuningtyas, Aih. 2017. Evaluasi Program Pelatihan In House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 4 No. 2 Hal. 171-183. https://www.researchgate.net/. Diakses 17 Mei 2019.
Imron, Ali. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.
Jayadipura, Yadi. 2018. In House Training untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP. Jurnal Idaarah Vol. II No. 2. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/download/260-268/pdf. Diakses 17 Mei 2019.
Lailatussaadah. 2015. Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita-Volume 3, Nomor 1 Hal 17-25. https://media.neliti.com/. Diakses 17 Mei 2019.
Osnal, dkk. 2016. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Pancaran Vol. 5 No. 1 Hal 67-82. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ . Diakses 17 Mei 2019.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang 8 Standar Nasional Pendidikan.
Pidarta, Made. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widodo, Suwarno, dkk. 2013. Peningkatan Kompetensi Guru Profesional Berbasis Penulisan Artikel Hasil PTK Bagi Guru Anggota PGRI di Kabupaten Purworejo. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Wawasan Pendidikan Vol. 1 No. 1. https://media.neliti.com/media/publications/. Diakses 17 Mei 2019.
Yulianti, Fuzi. 2018. Peningkatan Keterampilan Guru Membuat Powerpoint melalui In House Training di SD Negeri Pabuaran. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan Volume 11 Nomor 3. http://jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/index.php. Diakses 17 Mei 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)