Peningkatan Kemampuan Guru Normatif dan Adaptif dalam Menyusun Program Pembelajaran melalui Pelaksanaan In House Training

Penulis

  • I Wayan Sunita SMK Negeri 1 Mas Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17603

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan kemampuan guru Normatif dan Adaptif dalam menyusun Program Pembelajaran melalui pelaksanaan In House Training di SMK Negeri 1 Mas Ubud. Dari hasil pengamatan yang Peneliti lakukan terdapat data dan informasi bahwa dokumen program pembelajaran pada mata pelajaran Normatif dan Adaptif belum tersusun secara lengkap oleh guru sehingga menyulitkan bagi guru dalam mengadministrasikan dokumen pembelajaran dengan baik. Jika dilakukan pengecekan terhadap dokumen program pembelajaran rata-rata guru belum mempunyai dokumen pembelajaran secara lengkap. Berdasarkan kondisi tersebut Peneliti berupaya melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kemampuan guru dalam menyusun dokumen program pembelajaran melalui pelaksanaan In House Training di sekolah. Karena dengan cara ini diyakini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun program pembelajaran dengan lebih baik dan sistematis. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan di SMK Negeri 1 Mas Ubud pada bulan Juli  tahun 2006  dengan obyek guru Normatif dan Guru Adaptif sebanyak 15 Orang dan  pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan secara  kolaboratif  dengan partisipatif pelaksanaannya selama 2 siklus penelitian. Data hasil penelitian  yang telah dikumpulkan melalui penelitian ini  kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Program Pembelajaran pada mata pelajaran Normatif dan Adaptif, setelah dilakukan In House Training di Sekolah secara terprogram. Berdasarkan data yang diperoleh dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)  ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan In House Training dapat meningkatkan kemampuan guru Normatif dan Adaptif dalam menyusun Program  Pembelajaran di  SMK Negeri 1 mas Ubud  tahun pelajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Guru Normatif dan Adaptif, In House Training

Referensi

Baharuddin, Rabial Kanada. 2017. Pengembanganprofesionalisme Guru Melalui In House Training. Journal of Islamic Education Management Vol. 3 No. 2 Hal. 1-20. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare. Diakses 17 Mei 2019.

Corinorita. 2016. Pelaksanaan In House Training untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 1, Maret 2017.

Dharmawan, K., dkk. 2016. Model Pembinaan ‘In-House Training’ Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Udayana Mengabdi Volume 15 Nomor 2. https://ojs.unud.ac.id/index.php. Diakses 17 Mei 2019.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ervanti Ayuningtyas, Aih. 2017. Evaluasi Program Pelatihan In House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 4 No. 2 Hal. 171-183. https://www.researchgate.net/. Diakses 17 Mei 2019.

Imron, Ali. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.

Jayadipura, Yadi. 2018. In House Training untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP. Jurnal Idaarah Vol. II No. 2. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/download/260-268/pdf. Diakses 17 Mei 2019.

Lailatussaadah. 2015. Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita-Volume 3, Nomor 1 Hal 17-25. https://media.neliti.com/. Diakses 17 Mei 2019.

Osnal, dkk. 2016. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Pancaran Vol. 5 No. 1 Hal 67-82. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ . Diakses 17 Mei 2019.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang 8 Standar Nasional Pendidikan.

Pidarta, Made. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widodo, Suwarno, dkk. 2013. Peningkatan Kompetensi Guru Profesional Berbasis Penulisan Artikel Hasil PTK Bagi Guru Anggota PGRI di Kabupaten Purworejo. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Wawasan Pendidikan Vol. 1 No. 1. https://media.neliti.com/media/publications/. Diakses 17 Mei 2019.

Yulianti, Fuzi. 2018. Peningkatan Keterampilan Guru Membuat Powerpoint melalui In House Training di SD Negeri Pabuaran. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan Volume 11 Nomor 3. http://jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/index.php. Diakses 17 Mei 2019.

Diterbitkan

2019-05-24

Cara Mengutip

Sunita, I. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Normatif dan Adaptif dalam Menyusun Program Pembelajaran melalui Pelaksanaan In House Training. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17603

Terbitan

Bagian

Articles