Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Desain Grafis Vektor

Penulis

  • I Putu Suarbawa SMK Negeri 1 Sukasada

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17608

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Desain gravis vektor pada siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Sukasada Semester Ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran  Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 orang. Data dianalisis menggunakan kuantitaif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Terjadi peningkatan hasil belajar Desain gravis vektor siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 78,7  yang termasuk ke dalam kategori kurang, dengan sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 35,7 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata Desain gravis vektor  siswa sebesar 89,6 yang termasuk klasifikasi baik, dan ketuntasan klasikal sebesar 100% dari 28 siswa. Dari analisis data di atas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Desain gravis vektor siswa.

 

Kata Kunci: Hasil belajar Desain gravis vektor, model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Referensi

Adiputra, I. N. (2014). Pengembangan E-Modul pada Materi “Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text” untuk Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Singaraja. Retrieved Januari 20, 2015, from Karmapati Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha.

Amiroh. (2012). Membangun E-Learning dengan Learning Management System Moodle. Sidoarjo: PT Berkah Mandiri Globallindo.

Ananda, M. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Jurusan Teknologi Pendidikan: Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha.

BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Candiasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi ITEMAN dan BIGSTEP. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Dewi, N. K., Garminah, N. N., & Pudjawan, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project- Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N 8 Banyuning. Retrieved Januari 20, 2015, from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105329&val=1342.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Firman, K. (2009). Pembelajaran Entreupreneurship Melalui Online Berdasarkan Connectivism. journal University terbuka.

Gunadharma. (2011). Pengembangan Modul Elektronik Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, Februari 2013

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Singaraja : Jurusan Pendidikan Keolahragaan Fakultas Ilmu Keoahragaan Universitas endidikan Ganesha Singaraja.

Mahendra, I G. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII SMP Negeri 4 Sukasada. Skripsi (tidak diterbitkan) Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Mardika. (2007). Konektivisme Sebagai Alternatif Teori Belajar Di Abad Digital. jurnal UNY.

Nurhasan dan S. Sukarjo. 1992. Evaluaasi Pengajaran Pendidikan Jasmani dan kesehatan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tingkat Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurkancana dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Putro, Binawan Rasi. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Geografi Siswa Kelas X9 SMAN 1 Purwosari Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Tata Surya dan Jagad Raya. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ratumanan, Tanwey Gerson. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Satria Adi Utama, I Komang. 2011. Implemantasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tolak Peluru pada Siswa Kelas VIII A1 SMP N 1 Sawan Tahun Pelajaran 2010/2011. Singaraja: Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Santyasa dan Sukadi. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Singaraja : Undiksha.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Slavin, Robert. E. 2010. Cooperative Learnig. Bandung: Nusa Media.

Syarifuddin, Aip. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 1 SLTP Kelas 1. Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyanto, dkk. 1998. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Peningkatan Mutu Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD Setara D-II.

Tegeh, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan Addie Model. Jurnal IKA, 12-26.

Utomo, Wahyu Adi. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Student TeamAchievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMANegeri 1 Purwosari. Malang: Universitas Negeri Malang

Diterbitkan

2019-05-24

Cara Mengutip

Suarbawa, I. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Desain Grafis Vektor. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17608

Terbitan

Bagian

Articles