Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Simulasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17612Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Sukasada pada mata pelajaran simulasi digital melalui implementasi model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jenis penelitian ini adalah tergolong penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa Kelas X MM2 SMK Negeri 1 Sukasadayang berjumlah 36 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran simulasi digital siklus I sebesar 61,11% (aspek kognitif), 83,33% (aspek afektif), dan 80,56% (aspek psikomotorik)yang tergolong cukup baik serta di siklus II sebesar 86,11% berada dalam kategori baik (aspek kognitif), kategori baik (aspek afektif), dan kategori baik (aspek psikomotorik), mengalami peningkatan antara siklus I ke siklus II secara klasikal sebesar 25%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digitalmeningkat melalui implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada siswa kelas X MM2 SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2018/2019. Disarankan kepada guru simulasi digital agar mengimplementasikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran simulasi digital.Referensi
Agung. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Suatu Pengantar. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Istitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ahmad Abu Hamid. 2009. Penelitian Tindakan, Penelitian Kelas, dan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pusat PengembanganInstruksional Sains.
Asih. 2012.Model-Model Penelitian Tindakan Kelas. http://didaktik.artikelpendidikan.net. 27 Februari 2015 (22.10).
Artini (2015).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Vi Sd Inpres 1 Tondo .e-Jurnal Mitra Sains, Volume 3 Nomor 1, Januari 2015 hlm 45-52ISSN: 2302-2027
Dantes. 2012. MetodePenelitian. CV Andi Offset: Yogyakarta
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Wahyuni, Fihrin, dan Muslimin. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI MA Alkhairat Kalangkangan. Jurnal Pendidikan FisikaTadulako 2(1): 36.
Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Group.
Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Badung: Alfa beta.
Joyoatmojo ,Soertano (2015). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 .Jurnal FKIP Universitas Sebelas Maret.
Kunandar.2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nur Asma. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.
Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi .Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013.
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar.
Risqi ,Chera (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia .Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi ISSN : 2338-7173 Februari 2017, Vol. 7,No. 1
Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Saptadi ,Iwan (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Muara Beliti Tahun Pelajaran 2015/2016 .Jurnal STKIP-PGRI Lubuklinggau.
Slavin, R. E. 2005.Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan Nasional.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)