Pengaruh Medoka terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tema Selalu Berhemat Energi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17613Abstrak
Abstrak
Tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh MEDOKA terhadap motivasi dan hasil belajar pada tema Selalu Berhemat Energi kelas IV SD Tambak 02 Karangdowo. Jenis penelitian ini adalah True-Experimenta dengan model Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian adalah siswa siswi SD Tambak 02 Karangdowo. Sampel yang diambil adalah 44 siswa kelas III A dan III B dengan menggunakan teknik Non probability Sampling dengan jenis sampling Sampling Purposive. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan hasil posttest memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 82,045 pada kelas eksperimen dan 79,091rata-rata pada kelas kontrol serta hasil pretest memiliki rata-rata nilai73,863 pada kelas eksperimen dan 60,454 rata-rata pada kelas kontrol sehingga nilai uji regresi yaitu, dan uji linieritas yaitu dengan 1,89 dengan 2,85 maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung <Ftabel berarti H0 diterima artinya terjadi persamaan linier serta perhitungan dengan uji segnifikansi yaitu 887,5 7dan 4,35, maka dapat disimpulkan bahwa Freg >Ftabel berarti Ho ditolak, artinya persamaan regresisi gnifik an diterima. Adapun besar pengaruh dari hasil uji koefisien determinasi dengan Microsoft Excel 2013 adalah sebesar 30% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktorlainya. Sehinggadapat diakatakan bahwa MEDOKA efektif atau berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswaSD Negeri 02 Tambak.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
————. 2009. Evaluasi Program Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azizah, Nur, Julianto. 2013. Penerapan Media Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPGSD Vol. 01 No. 02 Hal. 1-12. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/. Diakses 20 Mei 2019.
BSNP.2006. Standar Isi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.Jakarta: Balitbang.
Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fatthurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Febriani, Corry. 2017. Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5 (1), 2017, 11-21. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe. Diakses 20 Mei 2019.
Hamdu, Ghulam, Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
Hamzah. B. Uno. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta. Bumi Aksara
Komsatun, Ani. 2014. Pengaruh penggunaan teknik Mind Map terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas IV SD N I Srandakan Bantul tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Pedagogik Vol I, No 1. https://ejournal.uny.net/.Diakses 07 Desember 2018 Pukul 20.00 WIB.
Maisyarah, Elke, Firman Firman. 2019. Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. https://www.researchgate.net/publication/. Diakses 20 Mei 2019.
Mudali Marga, Kristina, dkk. 2018. Pengaruh Media Kokami (Kotak Dan Kartu Misterius) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol. 4, No. 2 Hal. 18-25. https://media.neliti.com/media/publications/. Diakses 20 Mei 2019.
Murdhiyaningsih, Titik.2017.Penerapan MEDOKA Pada Tema Pertanian Peserta didik Kelas IV SD N 01 Kayen Pati”. Skripsi.Semarang:UPGRIS.
Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. https://PDFdigilid.uinsgd.ac.id.Diakses 25 September 2018 Pukul 12.30 WIB.
Ribawati, Eko. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal “Candrasangkala”, Vol. 1 No. 1 Hal. 1-12. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/. Diakses 20 Mei 2019.
Rikmasari, Rima. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Kartun Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN.
Rosita Wati, S. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahun Alam untuk kelas IV Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Jayasakti 06 Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi”. Jurnal Pedagogik Vol II, No 1. https://ejournal.unisma.net/.Diakses 07 September 2018 Pukul 08.12 WIB.
Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi konstuktivistik. Prestasi Pustaka.Jakarta
Triastuti, Desty, dkk. 2017. Penggunaan Media Papan Permainan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/. Diakses 20 Mei 2019.
Sadiman, Arief S dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadiman, Arief S dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara.2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)