Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Wonogiri Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola asuh berbeda-beda yang diterapkan orang tua. Pola asuh demokratis lebih banyak diterapkan oleh orang tua, menyusul pola asuh otoriter dan permisif. 4 orang tua dengan pola asuh demokratis, 1 orang tua dengan pola asuh otoriter dan 1 orang tua dengan pola asuh permisif. Siswa dengan pola asuh otoriter dan demokratis mempuyai motivasi belajar yang baik dan cukup. Sedangkan siswa dengan pola asuh permisif mempunyai motivasi yang kurang. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh dan peran serta orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.Referensi
Arumsari ,Rindang (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Antara Siswa Yang Berasal Dari Jawa Dan Dari Papua Di Sman 1 Kediri Tahun Ajaran 2016/ 2017 . Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 01 Tahun 2017 ISSN : AAAA-AAAA
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayah, Siti Tsaniyatul. 2012. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Negeri Sindutan Temon Kulon Progo”. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Idrus, Ali. 2012. “Pola Asuh Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Sekolah Dasar. Pada tanggal 23 Oktober 2018 pukul 16.01 WIB.
Indonesia. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, UU No.20 Tahun 2003. Jakarta: Sekertariat Negara.
Indonesia. Undang-Undang Perlindungan Anak, UU No.35 Tahun 2002. Jakarta: Sekertariat Negara.
Is, Jun Musnadi. 2017. “Analisis Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosialisasi Remaja Di Sma Negeri 1 Kaway Xvi Kabupaten Aceh Barat”. Pada tanggal 18 Oktober 2018 pukul 23.20 WIB.
Munirah (2015). SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA: antara keinginan dan realita . Jurnal AULADUNA, VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2015
Novrinda, dkk. “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan”. Jurnal Potensia. Pada tanggal 17 Desember 2018 pukul 12.35 WIB.
Palupi ,Retno (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Di Smpn N 1 Pacitan . Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2, No.2
Rofian. 2016. “Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar”. Jurnal MALIH PEDDAS. Pada tanggal 08 Mei 2019 pukul 21.34 WIB.
Sadirman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprihatin, Siti (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro ISSN: 2442-9449 Vol.3.No.1
Syamaun, Nurmasyithah. 2012. Dampak Pola Asuh Orang Tua & Guru terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Syardiansah (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II) . Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.5, No.1, Mei 2016
Utami, Septi Nur. 2015. “Pola Asuh Orang Tua Siswa Berprestasi Di Kelas V SD Negeri Sidakan Banaran Galur Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Wibowo, Agus; Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widiasworo, Erwin. 2017. 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Zuliani, Yayu. 2018. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII di SMP PGRI 1 Ketapang Bakauheni Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Universitas Lampung Bandar Lampung.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)