Mengembangkan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bimbingan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17919Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XII IPA 1 Semester I SMA Negeri 1 Tegallalang Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 24 orang yang prestasi belajar siswa yang secara umum masih belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah terhadap pelajaran 75,00. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanana tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali tatap muka untuk setiap siklus. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan mengunakan tes prestasi belajar sesudah diberikan pembelajaran melalui model inkuiri terbimbing untuk melatih pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Bimbingan Konseling untuk melatih pemahaman konsep siswa melalui inkuiri terbimbing. Pada siklus I diperoleh nilai rata kelas 74,66 dengan ketuntasan belajar sebesar 63,33%. Pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 82,33 dengan ketuntasan belajar sebesar 96,66%. Jadi dari siklus ke siklus pembelajaran mengalami peningkatan sesuai dengan target pencapaian kurikulum yaitu ketuntasan belajar secara klasikal 85 % dengan nilai minimal sebesar 75,00. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan menggunakan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi, prestasi belajar siswa terhadap bidang studi Bimbingan Konseling kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Tegallalang.
Referensi
Azizah’nur Hani (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi . Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)
Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.
Depdikbud. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fitriani (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh . Jurnal Magister Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156
Kalsum ,Mardiah (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa . STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, 2017; ISSN 1978-8169
Maesaroh , Siti (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Murningsih, Ira Maya Tri, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Kimia Siswa. E-Jurnal Inovasi pendidikan IPA Vol 2 No 2.
Pratiwi, Ni Kadek Ratna, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII 3 SMP Laboratorium Undiksha. E-Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha. Vol 7 No 2.
Prasetyo, Idhun (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 . Jurnal Pendidikan Biologi Volume 7,Nomor 2
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Setiawan ,Deny (2017). Urgensi Tuntutan Profesionalisme Dan Harapan Menjadi Guru Berkarakter (Studi Kasus: Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Batubara) . Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Udiani ,Ketut (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dengan Mengendalikan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Iv Sd No.7 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung . e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Vol 7, No 1 Tahun 2017)
Wahyuni ,Roni (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017 . Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902)
Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada. Press.
Yusutria (2017). Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia . Jurnal STKIP PGRI Sumatera Barat Jl. Gunung Pangilun Padang Sumatera Barat Vol 2, No. 1 (2017)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)