Penggunaan Metode Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Permainan Bola Basket
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19279Abstrak
Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 4 Tulikup pada kelas VI Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Permainan Bola Basket siswa kelas VI Semester II SD Negeri 4 Tulikup. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi untuk mengevaluasi tingkat keterlibatan peserta disik secara mental dan tes prestasi belajar yang digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian keterampilan yang dicapai peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk memaknai data hasil penelitian, data yang telah diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan menyajikan rata-rata, modus, median, dan prosentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Permainan Bola Basket. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya rata-rata 69,5 dengan prosentase ketuntasan belajar 35%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I prestasi belajar anak mengalami peningkatan menjadi rata-rata 74,75, dengan ketuntasan belajar 70% Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi rata-rata 81,00 dengan ketuntasan belajar mencapai 95%. Hasil yang diperoleh pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga penelitian tidak dilanjutkan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Permainan Bola Basket siswa kelas VI SD Negeri 4 Tulikup.
Kata Kunci: metode kontekstual, prestasi belajar Permainan Bola Basket
Referensi
Abdul, Ahmad. 2017. Survey Kemampuan Passing, Dribbling, Dan Shooting Dalam Permainan Bola Basket Pada Tim Bola Basket Putri Uptd Smk Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017 . Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.
Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.
Depdiknas, 2003c.Sistem Penilaian Kelas SD, SD, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Mahendrawan, I Putu. 2014. Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar No. 1 Tukadsumaga. E-Jurnal Mimbar PGSD Undiksha Vol 2 No 1.
Megawati. 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia . Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita .Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam. KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember
Syarifudin, Aip. 1997. Pendidikan jasmani dan kesehatan I. Jakarta: Grasindo.
Pauweni, Mirdayani. 2012. Pengembangan Model Permainan Bola Basket Taki Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas Di Kota Gorontalo . Journal Of Physical Education And Sports 2012 Universitas Negeri Semarang
Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi. Jakarta; Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)