Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar

Penulis

  • Dessy Indah Saputri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Sukamto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19285

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian orangtua dan motivasi kaitannya hasil belajar siswa kelas 3 SDN 1 Sojomerto Kendal. Jenis Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 1 Sojomerto Kendal kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Perhatian orangtua dan motivasi terdapat tiga perhatian orangtua yang diterapkan orangtua siswa diantaranya sejumlah 10 perhatian orangtua cenderung demokratis, 6 perhatian orangtua cenderung otoriter, dan 6 perhatian orangtua cenderung permisif. Motivasi yang diterapkan orangtua sebesar 83%. Siswa memiliki hasil belajar yang baik yang memiliki rata-rata 50% keatas.selanjutnya dapat disimpulkan bahwa perhatian orangtua dan motivasi memiliki korelasi dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaiakn adalah siswa diharapkan untuk lebih semangat sehingga mencapai hasil belajar yang baik di sekolah. Meskipun perhatian orangtua dan motivasi yang diterapkan orangtua kurang baik tetapi tidak menjadi pengaruh utama dalam hasil belajar. Namun orangtua hendaknya memberikan perhatian yang baik untuk anaknya seperti seperti memberikan perhatian, dukungan agar anak dapat mengembangkan hasil belajar yanhg dimiliki dengan baik

 

Kata Kunci: Perhatian Orangtua, motivasi,  Hasil Belajar

Referensi

Amirulloh. 2015. teori pendidikan karakter remaja dalam keluarga. Bandung : alfabeta

Baharuddin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogjakarta: ar-ruzz media

Burhan, Bungin.2010. Analisis data Penelitian kualitatif (pemahaman Fisolofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Djamarah, syaiful bahri. 2014. Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Fauzan almanshur, djunaidi ghoni. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: Ar-ruzz media

Kompri. 2017. Belajar Faktor-faktor yang Memperngaruhinya.Yogjakarta: Media akademi

Manshur, 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Ialam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Moloeng, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mudjiono,dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita. Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta

Suryabrata,Sumadi.2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: alfabeta

Suwardi,basrowi. 2008.Memahami Penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka cipta

Sardiman. 2012. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali pers

Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015

Subini. 2013. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka

Wahab, rohmalina. 2015. Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali pers

Diterbitkan

2019-08-13

Cara Mengutip

Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369–376. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19285

Terbitan

Bagian

Articles