Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19285Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian orangtua dan motivasi kaitannya hasil belajar siswa kelas 3 SDN 1 Sojomerto Kendal. Jenis Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 1 Sojomerto Kendal kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Perhatian orangtua dan motivasi terdapat tiga perhatian orangtua yang diterapkan orangtua siswa diantaranya sejumlah 10 perhatian orangtua cenderung demokratis, 6 perhatian orangtua cenderung otoriter, dan 6 perhatian orangtua cenderung permisif. Motivasi yang diterapkan orangtua sebesar 83%. Siswa memiliki hasil belajar yang baik yang memiliki rata-rata 50% keatas.selanjutnya dapat disimpulkan bahwa perhatian orangtua dan motivasi memiliki korelasi dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaiakn adalah siswa diharapkan untuk lebih semangat sehingga mencapai hasil belajar yang baik di sekolah. Meskipun perhatian orangtua dan motivasi yang diterapkan orangtua kurang baik tetapi tidak menjadi pengaruh utama dalam hasil belajar. Namun orangtua hendaknya memberikan perhatian yang baik untuk anaknya seperti seperti memberikan perhatian, dukungan agar anak dapat mengembangkan hasil belajar yanhg dimiliki dengan baik
Kata Kunci: Perhatian Orangtua, motivasi, Hasil Belajar
Referensi
Amirulloh. 2015. teori pendidikan karakter remaja dalam keluarga. Bandung : alfabeta
Baharuddin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogjakarta: ar-ruzz media
Burhan, Bungin.2010. Analisis data Penelitian kualitatif (pemahaman Fisolofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Djamarah, syaiful bahri. 2014. Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Fauzan almanshur, djunaidi ghoni. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: Ar-ruzz media
Kompri. 2017. Belajar Faktor-faktor yang Memperngaruhinya.Yogjakarta: Media akademi
Manshur, 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Ialam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Moloeng, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mudjiono,dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita. Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta
Suryabrata,Sumadi.2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers
Sugiyono.2015.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: alfabeta
Suwardi,basrowi. 2008.Memahami Penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka cipta
Sardiman. 2012. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali pers
Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015
Subini. 2013. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka
Wahab, rohmalina. 2015. Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali pers
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)