Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA

Penulis

  • P.G. N. Putra Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UniversitasPendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I G. Margunayasa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UniversitasPendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I M. C. Wibawa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UniversitasPendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa kelas IV semester II yang menerapkan model pembelajaran kooperatif group investigation dengan siswa kelas IV semester II yang menerapkan pembelajaran konvensional di SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan eksperimen semu danmenggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Berdasarkan hasil dari pelaksanaan penelitian diperoleh hasil rata-rata kelompok ekperimen sebesar 22,71, sedangkan pada kelompok kontrol memperoleh rata-rata skor sebesar 13,92. Berdasarkan kategori data penguasaan konsep IPA diketahui bahwa data penguasaan konsep IPA pada kelompok eksperimen termasuk ke dalam kategori sangat tinggi, sedangkan data penguasaan konsep IPA kelompok kontrol termasuk ke dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis diperoleh thitung = 7,402, dan ttabel = 2,021. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa kelas IV semester II yang menerapkan model pembelajaran kooperatif group investigation dengan siswa kelas IV semester II yang menerapkan pembelajaran konvensional di SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Peningkatan group investigation, penguasaan konsep, IPA

 

Referensi

Abizar, H. 2017. Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: Diva Press.

Aditya, R. R. Candra. 2016. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sungapan”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi-38, Tahun ke-5 (3.623-3.633)

Ariawan, K. D., dkk. 2016. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di Desa Sidetapa". E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1 (hlm 1–10).

Artini, dkk. 2016. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo". e-Journal Mitra Sains, Volume 4, Nomor 1 (hlm 76-83).

Astri Ria. 2017. Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Metode Know-Want-Learn (KWL): Dampakterhadap Hasil Belajar Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 06 (2) (2017) 149-158

Borich, G. D. 2014. Effective Teaching Methods: Research-Based Practice Eight Edition. United States of America: Pearson.

Gusniwati, M. 2015. "Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Sman Di Kecamatan Kebon Jeruk". Jurnal Formatif, Volume 5, Nomor 1 (hlm 26-41).

Hart, L., dkk. 2011. Lesson Study Research and Practice in Mathematics Education. California: Springer. Tersedia pada https://doi.org/10.1007 /978-90-481-9941-9. Diunduh pada 15 Desember 2017

Hartoto Tri. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal HISTORIA Volume 4, Nomor 2, Tahun 2016

Kandeel, R. A. A. 2016. "Basic Education Teachers Proficiency of Skills Required for Teaching Mathematical Concepts”. Journal of Education and Practice, Volume 7, Nomor 29 (hlm 83–91).

Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih, I. dan B. Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajarn untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Maulipaksi, D. 2016. "Dua Kebijakan Baru dalam Program Sertifikasi Guru Tahun 2016". Tersedia pada https://www.kemdikbud.go.id. Diakses pada tanggal 09 Desember 2017.

Paramitha, A. A. R., dkk. 2017. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara Tahun Ajaran 2016/2017". E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, Nomor 2, (hlm 1–10).

Rahayu, E. S. dan I M. Nuryata. 2013. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Sekarmita.

Redaksi Sinar Grafika. 2007. Standar Nasional Pendidikan: Peraturan Permerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.

Riastini, P. N., dkk. 2016. Pembelajaran IPA di SD. Singaraja: Undiksha.

Rimadani, E., dkk. 2016. "Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor". Makalah ini disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Malang: 2016

Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media.

Rizal, M. 2014. "Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP". Jurnal Pendidikan Sains, Volume 2, Nomor 3 (hlm 159–165).

Sani, R. A. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, J. 2012. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD". Journal of Primary Educational, Volume 1, Nomor 2 (hlm 71-77).

Susilo, F., dkk. 2016. "Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Jigsaw dan GI (Group Investigation) Ditinjau dari Kreativitas dan Sikap Ilmiah Siswa". Jurnal Inkuiri, Volume 5, Nomor 3 (hlm 40–48).

Suwatra, Ign. I W., dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha.

Takahashi, A., dan M. Yoshida. 2004. "Ideas for Establishing Lesson-Study Communities". Teaching Children Mathematics, Volume 10, Nomor 9 (hlm 436-443).

Vlorensius, dkk. 2016. "Persepsi dan Preferensi Guru-Guru di Kabupaten Tana Tidung Terhadap Penerapan Lesson Study Berdasarkan Motivasi dan Sikap untuk Pengembangan Profesionalisme Guru Wilayah Perbatasan". Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, Volume 2, Nomor 3 (hlm 277-291).

Wati, S. R., dkk. 2018. "Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMK Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit". Bivalen: Chemical Studies Journal, Volume 1, Nomor 1 (hlm 1-15).

Widiana, I. W. 2016. "Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA". Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume 5, Nomor 2 (hlm 854–864).

Widiarsa Putu. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Sma Negeri 2 Banjar . E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Yusuf, L.N., dkk. 2013. Perkembangan Peserta Didik: Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) Bagi Para Mahasiswa Calon Guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Jakarta: Rajawali Pers.

Diterbitkan

2019-08-15

Cara Mengutip

Putra, P. N., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329

Terbitan

Bagian

Articles