Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA

Penulis

  • I Gd Gunarta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Abstrak

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media Question Card dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional pada siswa kelas III SD Gugus IV Kecamatan Petang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain Nonequivalent post-test only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus IV Kecamatan Petang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 79 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Random Sampling yaitu: siswa kelas III SDN 1 Pelaga yang berjumlah 24 orang siswa dan siswa SDN 2 Pelaga yang berjumlah 20 orang siswa. Metode pengumpulan data hasil belajar IPA menggunakan metode tes berupa instrumen pilihan ganda objektif. Data hasil belajar IPA dianalisis  meggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media Qustion Card dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 3,69> ttabel = 2,021 dengan db = 42 dan taraf signifikansi 5%. Dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu: 22,29 > 17,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media Question Card berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Gugus IV Kecamatan Petang Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci: TGT,  Question Card,  IPA.

Referensi

Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.

Djmarah, S. B dan Aswan Z. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriyanti R E. 2014. Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar mengubah Pola Busana Wanita pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pengasih. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant. Vol 4, No 1.

Haryanti T. S, Junaidi, Parijo. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Vol 2, No 1.

Hamalik. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-UNIVERSITY PRESS.

Novianti, P. I. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Question Card terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Volume 5 (hlm. 5).

Rasana, R. 2009. Model-model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Mulia Mandiri Press.

Saptayanti. G.A. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Ilmiah Penelitian. Vol 4 No.1

Suari, Mirah Marlia. 2008. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X-6 Semester 1 SMAN 2 Singaraja Tahun Ajaran 2008/2009”. E-Jurnal Undiksha Vol 1 No 1 2008.

Sudimahayasa, Nyoman. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 48, Nomor 1-3, April 2015, hlm. 45-53.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Tukiran, Dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Wijayanti. 2013. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kerobokan”. Jurnal Ilmiah Penelitian.

Wulandari, Novita. 2014. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Times Games Tournament (TGT) Melalui Media Permainan Ular Tangga yang dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Sumbersuko 02 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang”. Jurnal FKIP Universitas Kanjuruhan Vol 2 No 1 2014.

Diterbitkan

2019-08-15

Cara Mengutip

Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Terbitan

Bagian

Articles