Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Catur Paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24358Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis kearifan lokal Catur Paramitha terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan sebanyak 278 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA SDN 12 Sanur sebanyak 38 siswa dan kelas IVA SDN 10 Sanur sebanyak 30 siswa. Data hasil kompetensi pengetahuan matematika pada masing-masing kelompok dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,39643 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% 14(α=0,05)"> = 1,99656. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis kearifan lokal Catur Paramitha terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen adalah 23,342 lebih dari nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol yaitu 21,133. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis kearifan lokal Catur Paramitha berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan.
Referensi
Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Kurniasih, Imas dkk. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: CV Solusi Distribusi.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Laela, Nur. 2017. “Pengararuh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas IV MI Ismaria Al-Qur’Anniyah Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi Program SI PGMI. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013. Tersedia pada https://akhmadsudrajat.wordress.com/2016/07/19/permendikbud-2016-no-24-tahun-tentang-kompetensi-inti-dan kompetensi-dasar/ (diakses tanggal 8 Januari 2019)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Lampiran 1 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Tersedia pada https://www.ekaikhsanudin.net/2014/09/permendikbud-ri-nomor-57-tahun-2014.html (diakses tanggal 8 Januari 2019).
Sari, Ayu Muzrika. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII MTsN 1 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018”. Tersedia pada http://repo.iain-tulungagug.ac.id/id/eprint/9048 (diakses tanggal 10 Januari 2019).
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Suhardana, K.M. 2007. Tri Kaya Parisudha. Denpasar: Paramita.
Suparni, Nurul, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Metro Timur”. Jurnal Pedagogi, Volume 5, Nomor 4.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1990. Jakarta: PT: Arnas Duta Jaya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)