Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Catur Paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Penulis

  • Ni Km Trisna Wardani
  • I Km Ngr Wiyasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24358

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis kearifan lokal Catur Paramitha terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan sebanyak 278 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA SDN 12 Sanur sebanyak 38 siswa dan kelas IVA SDN 10 Sanur sebanyak 30 siswa. Data hasil kompetensi pengetahuan matematika pada masing-masing kelompok dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,39643 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% 14(α=0,05)">  = 1,99656. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis kearifan lokal Catur Paramitha terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen adalah 23,342 lebih dari nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol yaitu 21,133. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis kearifan lokal Catur Paramitha berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan. 

Referensi

Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kurniasih, Imas dkk. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: CV Solusi Distribusi.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Laela, Nur. 2017. “Pengararuh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas IV MI Ismaria Al-Qur’Anniyah Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi Program SI PGMI. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013. Tersedia pada https://akhmadsudrajat.wordress.com/2016/07/19/permendikbud-2016-no-24-tahun-tentang-kompetensi-inti-dan kompetensi-dasar/ (diakses tanggal 8 Januari 2019)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Lampiran 1 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Tersedia pada https://www.ekaikhsanudin.net/2014/09/permendikbud-ri-nomor-57-tahun-2014.html (diakses tanggal 8 Januari 2019).

Sari, Ayu Muzrika. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII MTsN 1 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018”. Tersedia pada http://repo.iain-tulungagug.ac.id/id/eprint/9048 (diakses tanggal 10 Januari 2019).

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suhardana, K.M. 2007. Tri Kaya Parisudha. Denpasar: Paramita.

Suparni, Nurul, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Metro Timur”. Jurnal Pedagogi, Volume 5, Nomor 4.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1990. Jakarta: PT: Arnas Duta Jaya.

Diterbitkan

2020-04-11

Cara Mengutip

Wardani, N. K. T., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Catur Paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24358

Terbitan

Bagian

Articles