Model Quantum Teaching Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26628Abstrak
Rendahnya motivasi belajar IPA yang dimiliki oleh siswa menjadi dasar penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching berbasis pendidikan karakter terhadap motivasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 172 orang yang merupakan seluruh siswa kelas IV, sedangkan untuk sampel penelitian berjumlah 55 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner motivasi belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Dari hasil pengolahan data (thitung =19,08, > ttabel = 1,67) artinya thitung lebih besar daripada ttabel yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran quantum teaching berbasis pendidikan karakter berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD. Penggunaan model quantum teaching berbasis pendidikan karakter mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA karena pembelajaran quantum teaching berbasis pendidikan karakter menekankan pada adanya interaksi-interaksi yang positif dalam kegiatan pembelajaranReferensi
Arista, M. H., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Pada Tiga SD Di Gugus VI Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Cahyaningrum, A. D., AD, Y., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 372–379. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363
DePorter. (2009). Teaching Quantum. Kaifa.
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2018). MODEL PENDIDIKAN PAULO FREIRE, REFLEKSI PENDIDIKAN IPA SD DI INDONESIA (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745
Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 109. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7078
Fatimah. (n.d.). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 85–96.
Hanafiah, N., & Cucu, S. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama.
Handayani, B. S. (2015). Pembelajaran Quantum Model Tandur Untuk Membangun Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Jurnal Pijar Mipa, 5(2), 71–75. https://doi.org/10.29303/jpm.v5i2.171
Hermawan, A. C. (2017). Penerapan Model Quantum Teaching Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, VI, 794–800.
Jahja, Y. (2012). Psikologi Perkembangan. Kencana.
Kelompok Kerja Dosen IPA PGSD. (2018). Pendidikan IPA. Undiksha.
M Khusniati. (2014). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian, 10(1), 204–210. https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.354
Muakhirin, B. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(1).
Mulyaningsih, E., Suryandari, kartika C., & Saptuti, S. tri. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Untuk Siswa Kelas III SD Negeri Pancowarno Tahun Ajaran 2013/2014. 5(1), 60–65. https://doi.org/10.1530/EJE-14-0355
Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 524–532.
Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.
Rohmanurmeta, F. M. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Metode Pembelajaran Quantum Teaching Bagi Siswa Kelas Iv. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(02), 253–262. https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.288
Samrin. (2016). Pendidikan karakter (sebuah pendekatan nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali.
Sudana, D. N., & dkk. (2013). Pendidikan IPA SD. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukma, E. S. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Inquiri Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Wonoyoso. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 34(2), 113–120. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.9429
Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurukulum Pendidikan Karakter. PT Citra Aji Parama.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. PT RajaGrafindo Persada.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Tafonao, T. (2018). Penerapan Motode Pengajaran Efektif Application of Effective Teaching. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol 3 (1), 2018 ISSN 2541-0261, 3(1), 1–13.
Thobroni, M., & Mustofa, A. (2011). Belajar & Pembelajaran Pengembangan wacana dan praktik pembelajaran dalam pembangunan nasional. Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Windayani, N. L. I., Lasmawan, W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2014). e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar ( Volume 4 Tahun 2014 ) Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Bermuatan Pendidikan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Gugus V Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. 4(1).
Yuliati, D., Sumantri, M., & Margunayasa, G. (2014). Pengaruh Model Quantum Teaching and Learning Dengan Pemanfaatan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)