Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Luh Putu Kertiari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sumantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.26982

Abstract

Pembelajaran IPA saat ini dapat dikatakan kurang efektif, Hal tersebut dikarenakan belum maksimalnya penerapan model pembelajaran inovatif yang dapat merangsang siswa aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hal tersebut akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 48 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes yaitu dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar IPA di kelas eksperimen 21 termasuk kategori sangat tinggi dan di kelas kontrol 12,46 termasuk kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa thitung sebesar 8,53 dan ttabel dengan db = 46 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,000. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media kartu gambar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA. Dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media kartu gambar dapat dijadikan sebagai pedoman atau acuan guru dalam merancang proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA.

Author Biographies

Luh Putu Kertiari, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Gede Wira Bayu, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Made Sumantri, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844

Artini, A. S. V., Sujana, & Wiyasa, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompiang Sujana. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11.

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Deviana, N. L. N., Wiarta, I. W., & Wiyasa, K. N. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Bahan Manipulatif Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Matematika. Journal of Educational Technology, 1(2), 133–140. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i2.11775

Dewi, N. P. C., Negara, I. G. A. O., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2). https://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10738

Fadillah, A., & Baist, A. (2017). Hubungan Motivasi Dan Perilaku Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.253

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Hafa, M. F., Suwignyo, H., & Mudiono, A. (2017). Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 2(12), 1644–1649. https://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10315

Hastuti, P. W., Tiarani, V. A., & Nurita, T. (2018). The influence of inquiry-based science issues learning on practical skills of junior high school students in environmental pollution topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 232–238. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14263

Koyan, I. W. (2012). Konstruksi Tes. Undiksha Press.

Kurniasih, I. dan B. S. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.

Manik, Y. M., & Bangun, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Negeri 1 Perbaungan. Equilibrium, 7(2), 125–136. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4778

Mardati, A., & Wangid, M. N. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make a Match Untuk Kelas I SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532

Mariani, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas Ii Sd Muhammadiyah 4 Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 599. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306

Padmi, I. A. N. (2018). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan, 4(2). https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123

Paramitha, I. D. A. A., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh model inkuiri terbimbing, gaya kognitif, dan motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9012

Qamariah, N., Gummah, S., & Prasetyo, D. S. B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 4(1), 41. https://doi.org/10.33394/j-ps.v4i1.1147

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Ristanti, F. F., & Arianto, F. (2019). Flash Card Media Utilization To Improve Student Activity and Learning Outcomes of Fauna Distribution Subtopic in Class Xi Ips I Sma Xin Zhong Surabaya. Geosfera Indonesia, 4(2), 90. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.9968

Said, M. A., Muhammad, A., & Nurlina, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 3(2). https://doi.org/10.26618/jpf.v3i2.255

Santyasa I Wayan. (2005). Analisis Butir dan Konsistensi Internal Tes. Undiksha, 2(1).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sudarmi, S., & Burhanuddin, B. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2991

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Kertiari, L. P., Bayu, G. W., & Sumantri, M. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 335–347. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.26982

Issue

Section

Articles