Integrasi Keterampilan 4C Dalam Modul Metodologi Penelitian
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.28927Abstrak
Belum adanya bahan ajar inovatif yang dapat memfasilitasi mahasiswa dalam belajar menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan memahami materi perkuliahan. Selain itu mahasiswa juga merasa cepat bosan dan kurang termotivasi dalam mengikuti perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul metodologi penelitian yang terintegrasi pada keterampilan abad ke-21 yang berfokus pada keterampilan 4C. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil validasi ahli media sebesar 75.8% (baik sekali), hasil evaluasi diri modul oleh dosen sebesar 90% (baik sekali), hasil lembar observasi uji coba lapangan sebesar 78.9% (baik sekali), dan hasil lembar kuesioner mahasiswa sebesar 76.3% (baik sekali). Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat disimpulkan bahwa modul metodologi penelitian yang terintegrasi keterampilan 4C layak digunakan untuk proses pembelajaran. Modul metodologi penelitian yang terintegrasi keterampilan dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar sehingga berdampak positif terhadap hasil belajar.
Referensi
Abdullah, M., & Osman, K. (2010). Scientific inventive thinking skills among primary students in Brunei. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 7, 294–301. https://doi.org/10.1016/j.sbspro. 2010.10.041
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publish.
Andrian, & Rusman. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116. 14-23
Ary, Donald., Jacobs, Lucy Cheser., S. C. (2010). Introduction to Research in Education (Eighth Edition). Wadshwort: Belmoth CA.
Cohen, Luis., Manion, Lawrence & Marison, K. (2007). Research Method in Education. New York: Routledge.
Dantes, N. (2012). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Darwin, Ridwan, & Ahyanuardi. (2020). Efektivitas Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Bagi Siswa TKJ Tingkat SMK. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 147–155. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU.
Diantari, Damayanthi, Sugihartini, & Wirawan. (2018). Pengembangan E-modul berbasis Mastery Learning untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 7(1), 33–48. https://dx.doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166
Gita, Samara, D. (2018). Pengembangan Modul Ipa Materi Hubungan Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Berbasis Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 28–37.
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.
Irwandani, Latifah, Asyhari, Muzannur, & Widayanti. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2). https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862
Jamilah, Jampel, & Parmiti. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Mata Pelajaran IPA Siswa SD NO 1 Baktiseraga Kelas IV. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 189–198. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20376/12427.
Lubis, A. H. (2018). Integrasi TIK Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Di Indonesia Abad Ke-21: Mitos Dan Realita. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 11–21. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/16738/pdf.
Martin, F. (2011). Instructional Design And The Importance Of Instructional Alignment 955-972. Community College Journal of Research and Practice, 35(5), 955–972. https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.1080%2F10668920802466483
Munoto, W. and. (2018). 21st centuries skill implication on educational system. IOP Conference Series Materials Science and Engineering, 296(1). https://doi.org/10.1088/1757- 899X/296/1/012036
Nilasari, Djatmika, T., & Santoso. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(1), 1399–1404. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6583
Novita, Sukmanasa, & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103
Ozturk, B.K and Degiztanlionglu, B. . (2018). Pre-service Turkish Teachers’ Metaphorical Perceptions Regarding the Concepts of “Instructional Technology” and “Teaching Material.” Universal Journal of Educational Research, 6(5), 811–822. https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.13189%2Fujer.2018.060501
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.
Pratiwi, Hidayah, & Martiana. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots. Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/13123/pdf
Pratiwi, P. H. (2015). Perencanaan Pembelajaran Sosio-logi. Yogyakarta: UNY Press.
Purnomo, & Nugraheni. (2019). Pengembangan Modul Tari Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Tari. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 3(2), 119–127. https://doi.org/10.24114/gondang.v3i2.14157
Qondias, D. Winarta, I, K, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145–148. https://doi.org/ 10.23887/jppp.v3i2.17393
Rahmawati, Budiyono, & Wardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Berbasis Visual Basic for Application (VBA) PowerPoint. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology, 5(1). https://doi.org/10.15294/ijcets.v5i1.14248.
Rasmawan. (2018). Development of Chemistry Module for Junior High School Based on Inquiry Accompanied by Performance-Based Assessment. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 111–119. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v7i2.10617
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824.
Sudarma, I.K., D. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sungkono, & Dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.
Suryanda, Ernawati, & Maulana. (2016). Pengembangan Modul Multimedia Mobile Learning Dengan Android Studio 4.1 Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa Sma Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.9
Sviangga, Sunardi, & Trapsilasiwi. (2018). Analisis Kemampuan 4C’ Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Kadikma, 9(1), 17–23. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/8017/5651
Trilling, B & Fadel, C. (n.d.). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. SanFrancisco: Jossey-Bass.
Yokhebed. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi Profile of 21st Century Competency: Communication, Creativity, Collaboration, Critical Thinking at Prospective Biology Teachers. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/36154
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)