Rancangan dan Implementasi Sistem E-Learning Berbasis Web

Penulis

  • I Putu Yoga Indrawan STMIK STIKOM
  • Putu Gede Surya Cipta Nugraha STMIK STIKOM

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29050

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi berdampak pada berbagai aspek kehidupan, salah satunya pendidikan. E-learning merupakan salah satu dampak perkembangan teknologi di bidang pendidikan. Pembelajaran dengan menggunakan sistem e-learning memberikan kesempatan belajar tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem e-learning berbasis web. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan waterfall. Model ini terdiri dari tahap rekayasa dan pemodelan, tahap analisis, tahap desain, tahap implementasi, tahap pengujian dan tahap pemeliharaan.  Subjek yang berpartisipasi dalam pengembangan ini meliputi pengguna dan pelaksana di bidang e-learning. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan meliputi analisis perbandingan, pendalaman dan penajaman, yang dilakukan dalam bentuk diskusi terbatas. Hasil peneltian menunjukkan bahwa rancangan sistem e-learning sudah sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan guru dan peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rancangan sistem e-learning layak diimplementasikan sebagai sarana pendukung pembelajaran di sekolah.

Biografi Penulis

I Putu Yoga Indrawan, STMIK STIKOM

Prodi Teknik Informatika

Putu Gede Surya Cipta Nugraha, STMIK STIKOM

Prodi Teknik Informatika

Referensi

Ananda, H. E. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. 56(April). https://doi.org/10.8297463

Arief, A., & Cahyandaru, P. (2018). E-Learning Sebagai Media Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(1), 163. https://doi.org/10.30738/tc.v2i1.2776

Ayu, I., Sastrika, K., Sadia, I. W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2).

Boussakssou, M., Hssina, B., & Erittali, M. (2020). Towards an Adaptive E-learning System Based on Q-Learning Towards an Adaptive E-learning System Based on Q-Learning Algorithm Algorithm. Procedia Computer Science, 170(2020), 1198–1203. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.03.028

Colace, Francesco. Santo, Massimo De. Greco, Luca. (2014). E-Learning and Personalized Learning Path: A Proposal Based on the Adaptive Educational Hypermedia System.

International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 9(2), 9-16. https://doi.org/10.3991/ijet.v9i2.3211

Denny, Yus Rama. Utami, Indri Sari. Rohanah, Siti. Muliyati, Dewi. (2020). The Development of Blended Learning Model using Edmodo to Train Student Critical Thinking Skills on Impulse-Momentum Topic. JPPPF: Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(1), 113-120. https://doi.org/10.21009/1.06113

Fandiño, E., Geovanni, F., Muñoz, L. D., & Silva Velandia, A. J. (2019). Motivation and E-Learning English as a foreign language: A qualitative study. Heliyon, 5(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02394

Haider, A. S., & Al-salman, S. (2020). Dataset of Jordanian university students ’ psychological health impacted by using e-learning tools during COVID-19. 0. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.106104

Hariawan, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Grup Investigation (GI) Berbantuan Vidio Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.406

Hasan, N., & Bao, Y. (2020). Impact of “e-Learning crack-up” perception on psychological distress among college students during COVID-19 pandemic: A mediating role of “fear of academic year loss.” Children and Youth Services Review, 118(August), 105355. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105355

Hignasari, L Virginayoga.Supriadi, Mardiki. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self Assessment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan, 6(2), 206-219. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476

Indrawan, P. O., Pramana, M. I. W., & Gunawan, K. D. H. (2019). Developing Tri Kaya Parishida Based Blended Learning Media Using Adobe Captive for Probstat Courses. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(3), 157–171.

Martini, S., Kresnadi, H., & Uliya, E. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 42 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6.

Mehta, A., Morris, N. P., Swinnerton, B., & Homer, M. (2019). The Influence of Values on E-learning Adoption. Computers and Education, 141(June). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103617

Ningsih, Yunika Lestaria. Misdalina, Misdalina, Marhamah, Marhamah. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155-164. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1633

Srirabayu, R. R. Y., & Arty, iIndyah S. (2018). Pengembangan Instrumen Experiment Performance Assessment Untuk Menilai Keterampilan Proses Sains dan Kerja Sama. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://dx.doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270

Tomczyk, Ł. (2020). Digital literacy and e-learning experiences among the pre-service teachers data. Data in Brief, 32. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.106052

Wuryaningsih, Wuryaningsih. Susilastuti, Dewi Haryani. Darwin, Muhadjir. Pierewan, Adi Cilik. (2019). Effects of Web-Based Learning and F2F Learning on Teachers Achievement in Teacher Training Program in Indonesia. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14(21), 123-147. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i21.10736

Yulita, Ayu Rezky. Ambarwulan, Diah. Bakri, Fauzi. (2018) Pengembangan E-Learning Menggunakan Chamilo Untuk Membantu Proses Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester II. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(2). https://doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4029

Diterbitkan

2020-10-21

Cara Mengutip

Indrawan, I. P. Y., & Nugraha, P. G. S. C. (2020). Rancangan dan Implementasi Sistem E-Learning Berbasis Web. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 367–374. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29050

Terbitan

Bagian

Articles