Meta Analysis: Efektivitas Penggunaan Metode Proyect Based Learning Dalam Pendidikan Vokasi

Penulis

  • Rahmat Fadillah Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Giatman Universitas Negeri Padang
  • Fadhilah Fadhilah Universitas Negeri Padang
  • Mukhlidi Muskhir Universitas Negeri Padang
  • Hansi Effendi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32408

Abstrak

Ada banyak jenis jenis dari model pembelajaran, tetapi tidak semua model pembelajaran dapat mengakomodir kebutuhan pendidikan kejuruan dan tantangan dari revolusi industri 4.0 yaitu mendorong berpikir kritis dan mengembangkan keterampilan praktis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan kejuruan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode meta analisis dengan jenis data sekunder. Data penelitian berdasarkan hasil post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen dari beberapa artikel penelitian yang menggunakan metode project based learningdalam pendidikan kejuruan. Sebanyak 23 artikel diulas sehingga diperoleh data hasil kalkulasi 1,09 dengan menggunakan rumus effect size (ES). Hasil yang diperoleh ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan kejuruan memiliki efek yang tinggi untuk diterapkan dalam pembelajaran. Dengan demikian maka metode pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan teknologi dan kejuruan sangat efektif dan tepat digunakan dalam pembelajaran untuk menghasilkan peserta didik yang siap bersaing dalam dunia kerja serta dapat membuka peluang usaha.


Referensi

Al-Kariimah, & Rosiana. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Di Perguruan Tinggi. Prosiding Psikologi, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6002.

Arif, L., & Samidjo, S. (2018). Hubungan Antara Sikap Belajar Dan Motivasi Belajar Kejuruan Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik. Jurnal Taman Vokasi, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2865.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2004). Panduan untuk Praktik Mengajar. Jakarta: Psikologi Pers.

Donas, & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063.

Dwi, N. M. L., Suwatra, I. I. W., & Rasana, I. D. P. R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.746.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project-based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2).

Hanafy, M. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu T Arbiyah Dan Keguruan, 17(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Hidayah, A., & Yuberti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 21–27. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2470.

Insyasiska, Zubaidah, & Susilo. (2015). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21.

Izati, Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan, 3(9), 1122–1127. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508.

Kholis, N., Wibawa, B., & Soeprijanto. (2019). Analisis Rantai Nilai Pendidikan Kejuruan dalam Mengembangkan Kewirausahaan: Studi Kasus pada SMK PGRI 20 Jakarta. Jurnal Sosial Dan Humaniora Pendidikan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32487/jshp.v3i2.703.

Kurniawan, Elmunsya, & Muladi. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Rancang Bangun. Jaringan JP (Jurnal Pendidikan), 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85.

Laili, Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309.

Lindawati, Fatmariyanti, S. D., & Maftukhin, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa MAN I Kebumen. Radiasi, 3(1).

Mahendra, E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257.

Mahmud, D. (1989). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Kebudayaan.

Marzuki, & Basariah. (2017). The Influence Of Problem-Based Learning And Project Citizen Model In The Civic Education Learning On Student’scritical Thinking Ability And Self Discipline. Cakrawala Pendidikan, 6(3), 382–400. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/14675/pdf.

Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518.

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495.

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning Dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 10–14. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/view/24569.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357.

Renny, Sonbay, Yohana, R. (2019). the Effect of Open-Ended Teaching Model on Mathematics. Jurnal Kependidikan Matematika, 1(2), 105–110. Retrieved from https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT

Ridlo, S. (2020). Critical Thinking Skills Reviewed from Communication Skills of the Primary School Students in STEM-Based Project-Based Learning Model. Journal of Primary Education, 9(3), 311–320. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.27573.

Rohana, R., & Wahyudin, D. (2017). Project based learning untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa SD pada materi makanan dan kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 235–243.

Saifullah, A. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Soft Skills Dan Kualitas Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dI SMA Avicenna Cinere. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2). https://doi.org/http://doi.org/10.32493/jpkn.v5i2.y2018.p137-150.

Sari, Sartijono, & Sihono. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung. Jurnal Edukasi, 2(1), 11–14. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/download/3404/2658.

Siswanto, B. T. (2012). Pengaruh Model Penyelenggaraan Work-Based Learning Rolling Terpadu Terhadap Aspek-Aspek Kualitas Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jptk.v21i1.3341.

Sjukur, S. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043.

Suparmi, N. W. (2019). Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Technology, 2(4), 192. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16548.

Suryandari, Sajidan, Rahardjo, Prasetyo, & Fatimah. (2018). Project-Based Science Learning And Pre-Service Teachers’ Science Literacy Skill And Creative Thinking. Cakrawala Pendidikan, 37(3). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/17229/pdf.

Suteja, J. (2017). Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi KKNI di Perguruan Tinggi. Jurnal Edueksos, 6(1), 81–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v6i1.1412.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118.

Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan&Konseptual, 3(2), 88–98. https://doi.org/DOI:http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.111.

Tryanasari, Aprilia, & Cahya. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Premiere Educandum, 7(2), 173. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1641.

Wijanarko, Supardi, & Marwoto. (2017). Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2), 120–125. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v6i2.17561.

Wu, T. T., & Wu, Y. T. (2020). Applying project-based learning and SCAMPER teaching strategies in engineering education to explore the influence of creativity on cognition, personal motivation, and personality traits. Thinking Skills and Creativity, 35(January), 100631. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100631.

Zeptyani, & Wiarta. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740.

Diterbitkan

2021-04-06

Cara Mengutip

Fadillah, R., Ambiyar, A., Giatman, M., Fadhilah, F., Muskhir, M., & Effendi, H. (2021). Meta Analysis: Efektivitas Penggunaan Metode Proyect Based Learning Dalam Pendidikan Vokasi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 138–146. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32408

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama