Implementasi Penggunaan Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran Online English For Food and Beverage Service

Penulis

  • Ni Luh Supartini Insitut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Luh Eka Susanti Insitut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39524

Kata Kunci:

quizizz, evaluasi, e-learning

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang tepat sangat dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran daring. Salah satu medai yang dapat digunakan yakni aplikasi Quizizz yang bisa dipakai secara langsung dan bersamaan dengan Learning Management System. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengidentifikasi bagaimana implementasi Quizizz dalam evaluasi pembelajaran online pada English For Food And Beverage Service. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai keadaan saat ini. Subjek yang terlibat pada penelitian ini yakni sebanyak 60 mahasiswa dari program studi Manajemen Perhotelan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode wawancara, kuesioner dan observasi dengan metode analisis data secara deskriptif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa implementasi penggunaan Quizizz sangat membantu mahasiswa dalam mengingat kembali semua materi yang disampaikan secara online dan meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris mahasiswa. Hal ini didukung oleh hasil analisis kuisioner yang menunjukkan bahwa 78,4% mahasiswa menyatakan setuju untuk penggunaan Quizizz menarik minat mereka untuk belajar bahasa Inggris. Hanya 21,65%  mahasiswa yang merass cukup setuju. Dan tidak ada mahasiswa yang menyatakan bahwa Quizizz ini tidak meningkatkan minat mereka untuk mengikuti perkuliahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Quizizz sangat efektif digunakan untuk membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran daring serta dapat mempermudah proses evaluasi pembelajaran oleh dosen.

Biografi Penulis

Ni Luh Supartini, Insitut Pariwisata dan Bisnis Internasional

I am a lecturer in IPB Internasional. I am intereseed in Language Teaching especially in Tourism.

Luh Eka Susanti, Insitut Pariwisata dan Bisnis Internasional

I am a lecturer in IPB Internasional. I am intereseed in Language Teaching especially in Tourism.

Referensi

Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 1–7. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika /article/view/2249.

Aini, K. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.585.

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/567.

Amri, M., & Shobri, Y. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quizizz Dalam Pembelajaran Akuntansi Konsolidasi Bank Syariah Di Iain Ponorogo. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.

Chaiyo, Y., & Nokham, R. (2017). The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system. 2017 International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT), 178–182. http://ieeexplore.ieee.org/document/7904957/.

Darmawan, M. S., Daeni, F., & Listiaji, P. (2020). The Use of Quizizz As an Online Assessment Application for. Unnes Science Education Journal, 9(3), 144–150. https://doi.org/10.15294/USEJ.V9I3.41541.

Ekayana, A. A. G. (2021). User Experience Penggunaan Google Classroom dan Quizizz dalam Pembelajaran Blended Learning Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 23–34. https://doi.org/10.37640 /jip.v13i1.939.

Fajri, D. N., Yuliati, N., & Budyawati, L. P. I. (2020). Analisis Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Anak. Jurnal Edukasi, 7(2), 17. https://doi.org/10.19184 /jukasi.v7i2.22680.

Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedaagogi Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038.

Huang, R. H., Liu, D. J., Tlili, A., Yang, J. F., & Wang, H. H. (2020). Handbook on facilitating flexible learning during educational disruption: The Chinese experience in maintaining undisrupted learning in COVID-19 outbreak. In Beijing: Smart Learning Institute of Beijing Normal University.

Irianti, M., & Putra, T. Y. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Unimuda Sorong Terhadap Pembelajaran Daring Selama Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.1100.

Irwansyah, R., & Izzati, M. (2021). Implementing Quizizz as Game Based Learning and Assessment in the English Classroom. TEFLA Journal (Teaching English as Foreign Language and Applied Linguistic Journal), 3(1), 13–18. https://journal.umbjm.ac.id /index.php/TEFLA/article/view/756.

Kartini, E., Mimbar, L., & Izrawati. (2021). Tantangan Dalam Pembelajaran Perguruan Tinggi Dan Implementasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 9(2), 43–50. https://doi.org/10.53952/jir.v9i2.321.

Lusiani, L. (2020). Penggunaan Aplikasi Online Quizizz dalam Menganalisis Hasil Tes Kognitif Siswa pada Materi Energi. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 4(1), 15–23. https://doi.org/10.31539/spej.v4i1.1637.

Maftuhin. (2021). Analysis of Arabic Learning Evaluation Using Blanded Learning Method at Senior High School of Al-Izzah Batu/ Analisa Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Model blanded Learning di SMA Al-Izzah Batu. JALSAT: Journal Of Arabic Language Studies And Teaching, 1(1). https://doi.org/10.15642/jalsat.v1i1.45.

mei, S. Y., Ju, S. Y., & Adam, Z. (2018). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Sciences Education and Research, 12(1), 208. https://doi.org/10.26417/ejser.v12i1.p208-212.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook.

Mulatsih, B. (2020). Application Of Google Classroom, Google Form And Quizizz In Chemical Learning During The Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.129.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.

Mulyatiningsih, E., & Nuryanto, A. (2014). Metode penelitian terapan bidang pendidikan.

Murniati, R. F., Gis, M., & Nuwaswita, L. (2021). Dilematis Antara Kesulitan Siswa Dengan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19: Sebuah Upaya Aksidental MTs. Muhammadiyah Wuring Authors. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.902.

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74.

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI DI SDN Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496.

Putra, N. P. (2020). Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom Dan Whatsapp Group Di Era New Normal Pada Warga Belajar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insani. JIPSINDO, 7(2), 162–176. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34939.

Putri, A. S. I. (2021). Kemampuan Guru PAUD dalam Mengelola Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 23. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35508.

Rahmawati, A., Pina, E. Al, Setiono, P., Yuliantini, N., & Wurjinem, W. (2021). Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V SD Negeri 38 Kota Bengkulu Selama Pembelajaran Daring. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 303–309. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1398.

Salmia, S., & Yusri, A. M. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 Di Masa Pandemik Covid-19. Indosian Jurnal of Primary Education, 5(1). https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31955.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605.

Samsinar, S., Juanita, S., & Anif, M. (2021). Peningkatan Kualitas Guru di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pelatihan Aplikasi Quizizz. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(02), 57–64. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v4i02.1402.

Sato, T. (2019). Elementary physical educators’ positioning in teaching English language learners. European Physical Education Review, 25(1), 203–220. https://doi.org/10.1177/1356336X17715771.

Setemen, K. (2017). Pengembangan evaluasi pembelajaran online. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.124.

Sobron, Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dan Enterpreneurship, 1–5. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204.

Sugiri, D., & Pratama, A. A. (2020). Aktivitas Pembentukan Biaya Layanan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai dampak Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.678.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(9), 133–140. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/goldenage/article/download/3394/1884/.

Supriadi, N.-, Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42. https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Syahabuddin, K. (2020). Teacher-student relationships: An influence on the english teaching-learning process. Studies in English Language and Education, 7(2), 393–406. https://doi.org/10.24815/siele.v7i2.16922.

Telaumbanua, Y. N. (2021). Pembelajaran Matematika Secara Daring Akibat Pandemi Corona Virus Diseases 2019. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 445–449. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1692.

Utomo, M. C. C., Putra, M. G. L., & Prambudi, D. A. (2021). Perbandingan Fitur Pada Platform Kuis Terpopuler. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 38. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2596.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.26740 /jrpd.v6n2.p125-132.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.

Zainuddin, Z., Shujahat, M., Haruna, H., & Chu, S. K. W. (2020). The role of gamified e-quizzes on student learning and engagement: An interactive gamification solution for a formative assessment system. Computers & Education, 145, 103729. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103729.

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37.

Diterbitkan

2021-12-14

Cara Mengutip

Supartini, N. L., & Susanti, L. E. (2021). Implementasi Penggunaan Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran Online English For Food and Beverage Service. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 485–492. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39524

Terbitan

Bagian

Articles