Pembelajaran Efektif Melalui E-Modul Topik Sifat Benda dan Perubahan Wujud Benda
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.49500Kata Kunci:
E-modul, pembelajaran efektif, IPAAbstrak
Pemilihan metode pembelajarann yang monoton dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, membuat minat siswa rendah dalam belajar sehingga diperlukan adanya pengembangan media yang menarik misalnya E-Modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Subjek penelitian ini meliputi 2 ahli materi, dan 3 ahli media, serta 6 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode kuisioner dengan instrumen berupa rating scala skala empat yang diberikan kepada subjek uji coba. Data hasil penilaian e-modul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus CVR dan mean. Hasil penelitian menunjukan produk yang dihasilkan berupa e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda. E-modul dinyatakan valid setelah mendapatkan nilai validitas internal sebesar 1,7 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil rata-rata skor uji kepraktisan pada guru sebesar 3,91 dengan kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. E-modul membuat kegiatan pembelajaran menjadi efektif.
Referensi
Aisyah, S., & Kurniawan, M. A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195
Astuti, E. P., & Supriyono, S. (2020). Karakteristik Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 49–60. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492. DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492
Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajr Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888
Daryanti, E. W., Laila, A., & Saidah, K. (2022). Pengembangan Media Karikatur Berbasis Kearifan Lokal Kediri bagi Siswa Sekolah Dasar. Efektor, 9(1), 11–22. https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16433. DOI: https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16433
Fahmi, A. N., Yusuf, M., & Muchtarom, M. (2021). Integration of Technology in Learning Activities: E-Module on Islamic Religious Education Learning for Vocational High School Students. Journal of Education Technology, 5(2), 282–290. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.35313. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.35313
Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9.
Fitriani, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 45. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i1.624. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v3i1.624
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 81–86. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2347.
Haryani, E., Ahmad, S., & Aradea, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Daya Serap Siswa pada Pelajaran Akuntansi. Journal of Education Research, 2(2), 82–88. https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.51. DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.51
Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 402. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28913.
Husna, M. N. (2022). Tutorial pembuatan media aplikasi articulate storyline 3 untuk pembelajaran di SD. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i2.150.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478. DOI: https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Indrioko, E. (2019). Strategi Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–13.
Khairunnisa, I. S. J. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk Ppkn Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal), 1(1), 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i1.3970. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3460. DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3460
Latukau, R. H., Purwana, I. G., Saputra, E., L, R. F., & Permana, I. (2021). The Effectiveness of Problem Solving Methods in Achieving Physics Learning Outcomes at SMP Negeri 3 Leihitu. 1(2), 195–206. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i2.26609. DOI: https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i2.26609
Mudarris, B., Rizi, F., & Islamiyah, N. (2022). Penggunaan Media Vlog dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Anak Badrul. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.%25p.
Natal Kristiono. (2019). Penanaman Karakter ANti Korupsi Melalui Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi Bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Hibualamo: Seri Ilmu-ilmu Sosial dan Kependidikan, 3(22), 38–44. https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2807. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2807
Pencemaran, K., Di, L., Vii, K., & Kairatu, M. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas Vii Mts AlII- Ikhlas Kairatu. Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan, 8(April), 107–120. https://doi.org/10.30598/biopendixvol8issue2page107-120.
Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 190–196. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Prasetyo, T., & MS, Z. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1). https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.2769. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.2769
Prawitasari, M., Sriwati, & Susanto, H. (2021). Retrogresi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and development, 9(4), 173–177. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.3118.
Putri, M. E., . M., & Saputro, D. R. S. (2019). The Effect of Application of REACT Learning Strategies on Mathematics Learning Achievements: Empirical Analysis on Learning Styles of Junior High School Students. International Journal of Educational Research Review, 231–237. https://doi.org/10.24331/ijere.518065. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.518065
Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Satriani, S. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1). https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590. DOI: https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611. DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Sobron, A. N., & Meidawati, S. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117. DOI: https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117
Sufiyanto, I., & Yasin, R. (2021). Practicum Activities in the Field of Natural Science Learning in Elementary Schools as an Alternative to the Open Natural Science Laboratory. 4(2), 11–20. https://doi.org/10.31764/justek.v4i2.5237.
Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(2), 125–132. https://doi.org/10.4321/ijemar.v1i2.944.
Susanti, E., Harta, R., Karyana, A., & Halimah, M. (2018). Desain Video Pembelajaran Yang Efektif Pada Pendidikan Jarak Jauh: Studi Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2), 167. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929
Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141–152. https://doi.org/10.36764/jc.v2i2.157.
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop - Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44
Usriati, U., & Misbah, M. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI melalui Metode Daring dengan Model Pedagogis Kontruktivistik di Masa Pandemi. Jurnal Kependidikan, 9(1), 10–32. https://doi.org/10.24090/jk.v9i2.5261. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v9i2.5261
Wijayanti, K., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Bank Dan Sistem Pembayaran Berbasis Android Untuk Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 2021. https://doi.org/10.17977/UM014v14i12021p001.
Wirganata, F., Agustuni, K., & Saindra Santyadiputra, G. (2019). Efektivitas Media E-Modul Berbasis Schoology. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(2), 132. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.13132. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.13132
Yamin, M. R., & Karmila, K. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cartoon dalam Pembelajaran IPA pada Materi Lingkungan Kelas III SD. Biology Teaching and Learning, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.35580/btl.v2i2.12307. DOI: https://doi.org/10.35580/btl.v2i2.12307
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Parmini Gusti Ayu Nyoman, Suarmini Ni Ketut, Renda Ndara Tanggu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)