Pembelajaran Efektif Melalui E-Modul Topik Sifat Benda dan Perubahan Wujud Benda

Penulis

  • Parmini Gusti Ayu Nyoman Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Ketut Suarmini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.49500

Kata Kunci:

E-modul, pembelajaran efektif, IPA

Abstrak

Pemilihan metode pembelajarann yang monoton dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, membuat minat siswa rendah dalam belajar sehingga diperlukan adanya pengembangan media yang menarik misalnya E-Modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Subjek penelitian ini meliputi 2 ahli materi, dan 3 ahli media, serta 6 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode kuisioner dengan instrumen berupa rating scala skala empat yang diberikan kepada subjek uji coba. Data hasil penilaian e-modul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus CVR dan mean. Hasil penelitian menunjukan produk yang dihasilkan berupa e-modul topik sifat benda dan perubahan wujud benda. E-modul dinyatakan valid setelah mendapatkan nilai validitas internal sebesar 1,7 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil rata-rata skor uji kepraktisan pada guru sebesar 3,91 dengan kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. E-modul membuat kegiatan pembelajaran menjadi efektif.

Referensi

Aisyah, S., & Kurniawan, M. A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195

Astuti, E. P., & Supriyono, S. (2020). Karakteristik Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 49–60. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492. DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajr Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888

Daryanti, E. W., Laila, A., & Saidah, K. (2022). Pengembangan Media Karikatur Berbasis Kearifan Lokal Kediri bagi Siswa Sekolah Dasar. Efektor, 9(1), 11–22. https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16433. DOI: https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16433

Fahmi, A. N., Yusuf, M., & Muchtarom, M. (2021). Integration of Technology in Learning Activities: E-Module on Islamic Religious Education Learning for Vocational High School Students. Journal of Education Technology, 5(2), 282–290. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.35313. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.35313

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9.

Fitriani, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 45. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i1.624. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v3i1.624

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 81–86. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2347.

Haryani, E., Ahmad, S., & Aradea, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Daya Serap Siswa pada Pelajaran Akuntansi. Journal of Education Research, 2(2), 82–88. https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.51. DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.51

Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 402. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28913.

Husna, M. N. (2022). Tutorial pembuatan media aplikasi articulate storyline 3 untuk pembelajaran di SD. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i2.150.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478. DOI: https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Indrioko, E. (2019). Strategi Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–13.

Khairunnisa, I. S. J. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk Ppkn Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal), 1(1), 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i1.3970. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3460. DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3460

Latukau, R. H., Purwana, I. G., Saputra, E., L, R. F., & Permana, I. (2021). The Effectiveness of Problem Solving Methods in Achieving Physics Learning Outcomes at SMP Negeri 3 Leihitu. 1(2), 195–206. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i2.26609. DOI: https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i2.26609

Mudarris, B., Rizi, F., & Islamiyah, N. (2022). Penggunaan Media Vlog dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Anak Badrul. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.%25p.

Natal Kristiono. (2019). Penanaman Karakter ANti Korupsi Melalui Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi Bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Hibualamo: Seri Ilmu-ilmu Sosial dan Kependidikan, 3(22), 38–44. https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2807. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2807

Pencemaran, K., Di, L., Vii, K., & Kairatu, M. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas Vii Mts AlII- Ikhlas Kairatu. Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan, 8(April), 107–120. https://doi.org/10.30598/biopendixvol8issue2page107-120.

Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 190–196. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Prasetyo, T., & MS, Z. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1). https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.2769. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.2769

Prawitasari, M., Sriwati, & Susanto, H. (2021). Retrogresi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and development, 9(4), 173–177. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.3118.

Putri, M. E., . M., & Saputro, D. R. S. (2019). The Effect of Application of REACT Learning Strategies on Mathematics Learning Achievements: Empirical Analysis on Learning Styles of Junior High School Students. International Journal of Educational Research Review, 231–237. https://doi.org/10.24331/ijere.518065. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.518065

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Satriani, S. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1). https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590. DOI: https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611. DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Sobron, A. N., & Meidawati, S. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117. DOI: https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Sufiyanto, I., & Yasin, R. (2021). Practicum Activities in the Field of Natural Science Learning in Elementary Schools as an Alternative to the Open Natural Science Laboratory. 4(2), 11–20. https://doi.org/10.31764/justek.v4i2.5237.

Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(2), 125–132. https://doi.org/10.4321/ijemar.v1i2.944.

Susanti, E., Harta, R., Karyana, A., & Halimah, M. (2018). Desain Video Pembelajaran Yang Efektif Pada Pendidikan Jarak Jauh: Studi Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2), 167. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141–152. https://doi.org/10.36764/jc.v2i2.157.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop - Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Usriati, U., & Misbah, M. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI melalui Metode Daring dengan Model Pedagogis Kontruktivistik di Masa Pandemi. Jurnal Kependidikan, 9(1), 10–32. https://doi.org/10.24090/jk.v9i2.5261. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v9i2.5261

Wijayanti, K., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Bank Dan Sistem Pembayaran Berbasis Android Untuk Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 2021. https://doi.org/10.17977/UM014v14i12021p001.

Wirganata, F., Agustuni, K., & Saindra Santyadiputra, G. (2019). Efektivitas Media E-Modul Berbasis Schoology. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(2), 132. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.13132. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.13132

Yamin, M. R., & Karmila, K. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cartoon dalam Pembelajaran IPA pada Materi Lingkungan Kelas III SD. Biology Teaching and Learning, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.35580/btl.v2i2.12307. DOI: https://doi.org/10.35580/btl.v2i2.12307

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Gusti Ayu Nyoman, P., Ni Ketut Suarmini, & Ndara Tanggu Renda. (2022). Pembelajaran Efektif Melalui E-Modul Topik Sifat Benda dan Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 403–411. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.49500

Terbitan

Bagian

Articles