STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA TOPIK STRUKTUR ATOM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16614Abstrak
Penelitian ini bertujuan membandingkan hasil belajar kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe NHT. Jenis penelitian ini termasuk penelitian semu (quasi exsperiment) dengan rancangan penelitian pre-test post-test nonequivlent control group design. Pupulasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidemen yang berjumlah 178 siswa. Sampel ditentukan secara cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas X3 sebagai kelas Eksperimen 1 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, sedangkan siswa kelas X2 sebagai kelas Eksperimen 2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dan esai. Data hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan independent sample t-test, dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe NHT, dari hasil penelitian didapatkan rata-rata skor hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebesar 75,54 dan tipe NHT sebesar 80,03.
Referensi
Asnawiyah, R., Luk, E., Leica, D. F. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Koope NHT terhadap Hasil
Belajar Matematika Kelas X MIA SMA Negeri 1 Bangun Purba”. E-Journal UPP Pasir Pengarai, Vol 1,
No 1 (hlm. 5-11).
Chang, R. 2005. Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti Jilid I (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Danti, D. P. N., Supriayitno, I., Prihaswati, M. 2015. “Perbandingan Pembelajaran NHT dengan TAI
Berpendekatan Kontruktivisme Terhadap Prestasi Belajar”. Jurnal Kependidikan Matematika, Vol 2,
No 1 (hlm. 15-21).
Fatimah, S., Jalmo, T., Marpawng, R.R.T. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
NHT terhadap Keterampilan Berpikir Siswa”. Jurnal Pendidikan, Vol 2, No 1 (hlm. 49-60).
Firmansyah. Y., Mahardika, I. K., Gani, A. A. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Berbantuan Media Simulasi PHET terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA di Jember”.
Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6, No 1 (hlm. 97-102).
Hartika, H. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis VCT terhadap Hasil
Belajar, Aktivitas, dan Keterampilan Berkomunikasi”. Jurnal Pendidikan, Vol 21, No 1 (hlm. 151).
Johnstone, A. H. 2006. Chemical Education Research in Glasgow in Perspective. The Journal Of Chemistry
Education Research And Practice, Vol 7, No 2, (hlm. 49-63).
Mahmudah, Suyanto, Widodo, W. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis
Multiple Representasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N Pekanbaru” Jurnal Pendidikan, Vol 1, No
(hlm. 1-9).
Malikan, M. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Hasil Belajar Siswa
pada Pembelajaran Kimia”. E-Journal Pembelajaran Kimia, Vol 17, No 5 (hlm. 101).
Mulyana, H. 2016. “Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil
Belajar”. Jurnal Pendidikan, Vol 3, No 2 (hlm.75-81).
Vol. 2, No. 2, Tahun 2018 , pp. 50-58
Novieza, M. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Motivasi dan Hasil
Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X MAN X Kota Singkarak”. Jurnal Pendidikan, Vol 1, No 1 (hlm. 1-
.
Putriani, D. D. S. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Hasil Belajar Kimia
di SMA N Pekanbaru” Jurnal Pendidikan, Vol 1, No 1 (hlm. 1-9).
Rofiqoh, F. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Disertai Media Monopoli Games
Terintegrasi Pendekatan Problem Solving pada Pembelajaran Fisika Di SMA” Jurnal Pembelajaran
Fisika, Vol 4, No 3 (hlm. 35).
Ruslan, J. M. 2014. “Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dan NHT terhadap Hasil Belajar
Kimia Siswa Kelas XI MAN Pekanbaru”. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol 34, No 7 (hlm. 60).
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
Sarwendah, R.H, Martini, K. S., Utami B. 2013. “Studi Komparasi Pembelajaran Kimia Menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Metode TGT dan TAI pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA SMA
Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 2, No 1 (hlm. 42-
.
Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning Teori Risert dan Praktik. Terjemahan Lita. Bandung: Nusa Media.
Solahudin, A. 2002. “Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X pada Materi Struktur Atom Melalui
Pendekatan Saintifik”. Jurnal Pendidikan Nasional dan Kebudayaan, Vol 2, No 1 (hlm. 36-47).
Stefany & Suliyanah. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Metode Snow
Ball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X SMA Negeri 2 Bangkalan”.
Jurnal Pendidikan, Vol 3, No 5 (hlm. 35-42).
Sukmayasa, I. M. H., Budi, M. 2013. “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan
Senam Otak terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika” Jurnal Pendidikan, Vol 3, No 4
(hlm. 35-47).
Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inofatif. Yogyakarta: Graha Ilmu)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)