Metode Gasif Pengajaran Membaca Dan Penulisan : Sebuah Pemikiran

Authors

  • I Wayan Rasna

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i2.1720

Abstract

Artikel ini mengkaji metode pengajaran membaca dan menulis permulaan, yang merupakan fondasi vital dan kebutuhan primer setiap anak didik untuk dapat melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan  yang lebih tinggi. Fondasi vital dan kebutuhan primer ini diperlukan atas hasil riset Ismail yang dikutip Imran membuktikan bahwa keterampilan menulis siswa Indonesia paling rendah di Asia. Hal ini diduga karena rendahnya kemampuan membaca siswa. Sebagaimana dilaporkan oleh Bank Dunia pada 1988 hasil tes membaca murid SD di Indonesia berada pada peringkat terendah di Asia Timur. Atas dasar ini, pengajaran membaca dan menulis permulaan perlu dicarikan solusi. Salah satu solusi itu ialah pengajaran membaca dan menulis permulaan dengan metode analisis – sintetis dan fonik (GASIF). Global (G) berperan memberikan gambaran umum dengan tujuan memudahkan siswa untuk belajar. Hal ini sesuai dengan konsep belajar yang dimulai dari yang mudah ke yang sulit.

Kata kunci: GASIF, Membaca, Menulis Permulaan

Downloads

Published

2010-07-31

How to Cite

Rasna, I. W. (2010). Metode Gasif Pengajaran Membaca Dan Penulisan : Sebuah Pemikiran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i2.1720

Issue

Section

Articles