Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Bali Siswa Sekolah Dasar melalui Teknik Bercerita Inovatif.

Penulis

  • Ni Made Ratminingsih
  • I Ketut Paramarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1787

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Bali melalui pemberdayaan teknik bercerita inovatIf yang diimplementasikan melalui pembelajaran integratif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas III SD No. 2 Sukasada dengan subjek 24 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknik pembelajaran bercerita inovatif yang mengintegrasikan semua keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, menulis, bercerita, dan membaca serta aspek bahasa seperti kosakata, gramatika, lafal dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Kata-kata Kunci: bercerita inovatif, pembelajaran integrative, keterampilan berbicara

Diterbitkan

2012-04-27

Cara Mengutip

Ratminingsih, N. M., & Paramarta, I. K. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Bali Siswa Sekolah Dasar melalui Teknik Bercerita Inovatif. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1787

Terbitan

Bagian

Articles