Panopticon and Dramaturgy Concepts in the Implementation of Offline Learning Trials during the Covid-19 Period

Penulis

  • Sudarmiani Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-5088-0179
  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • I Wayan Kertih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Sarwono Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpp.v55i3.48321

Kata Kunci:

pembelajaran tatap muka, panopticon, dramaturgi

Abstrak

Pemerintah merumuskan beberapa regulasi yang mengatur kegiatan belajar mengajar dalam bentuk ujicoba pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah selama pandemi covid-19. Pelaksanaan ujicoba didasarkan pada regulasi, pengawasan, dan upaya setting serta tampilan yang selalu dibangun ideal sesuai protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui mekanisme panopticon dan dramaturgi dalam pelaksanaan ujicoba pembelajaran tatap muka terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpuan data dengan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian : (1) bentuk panopticon dalam ujicoba PTM dapat dianalisis melalui konsep panopticon ujicoba pembelajaran tatap muka dan mekanisme pendisiplinan ujicoba PTM melalui pembentukan perilaku warga sekolah yang taat dan patuh pada penerapan protokol kesehatan; (2) dramaturgi dapat dianalisis melalui panggung depan (front stage) dan belakang (back stage) , manajemen impresi (pengelolaan kesan), dan idealisasi dramaturgi yang sesuai protokol kesehatan.

Referensi

Abdullah, F. (2019). Fenomena digital era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 4(1), 47–58. https://doi.org/10.25105/jdd.v4i1.4560. DOI: https://doi.org/10.25105/jdd.v4i1.4560

Amarudin, A., Hanif, M., & Sudarmiani, S. (2022). Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Daring Media Whatsapp Group dengan Media Blogspot terhadap Hasil Belajar IPS. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 61–66. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/WEWARAH/article/view/11812. DOI: https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11812

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100. http://194.59.165.171/index.php/CC/article/download/70/114.

Apriliyadi, E. K., & Hendrix, T. (2021). Kajian fenomena pandemi covid-19 di Indonesia: Perspektif wacana, pengetahuan dan kekuasaan Foucault. Jurnal Indonesia Maju, 1(1), 28–48. https://www.jurnalim.id/index.php/jp/issue/view/5. DOI: https://doi.org/10.31258/sorot.16.2.99-117

Bataona, M. R. (2021). Anatomi Histeria Publik dan Panopticon: Dekonstruksi Arsitektur Komunikasi di Masa Pandemi. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–22. https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12643. DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12643

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Statistika| Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran, 10, 27. http://prosiding.statistics.unpad.ac.id/index.php/prosidingnasional/article/view/91.

Cindrakasih, R. R. R., & Novianita, R. (2020). Manajemen Kesan Petugas Medis dalam Menangani Pasien Covid-19 Lewat Tik Tok. Jurnal Akrab Juara, 5(4), 124–138. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/download/1309/1157.

Dewi, D. R., Mayangsari, I. D., & Rina, N. (2016). Impression Management Mahasiswa Di Media Sosial Instagram (studi Deskriptif Kualitatif Menggunakan Pendekatan Dramaturgi Dikalangan Mahasiswa Univeritas Telkom). EProceedings of Management, 3(2), 1–6. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2331.

Diningrat, S. W. M., Nindya, M. A., & Salwa, S. (2020). Emergency Online Teaching: Early Childhood Education Lecturers’ Perception of Barrier and Pedagogical Competency. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 705–719. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.32304. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.32304

Ekawati, N. E. (2018). Application of Blended Learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 7–16. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i1.2303. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v8i1.2303

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dharmawangsa, 56(1), 1–11. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4.

Erni, S., Vebrianto, R., Miski, C. R., MZ, Z. A., Martius, & Thahir, M. (2020). Refleksi Proses Pembelajaran Guru MTs dimasa Pendemi Covid 19 di Pekanbaru : Dampak dan Solusi. Journal of Education and Learning, 1(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.55748/bjel.v1i1.1

Fauziah, C., Taufiqulloh, T., & Sudibyo, H. (2021). Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Selama Pandemi Covid-19. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 5(2), 38–48. https://doi.org/10.24905/psej.v5i2.46. DOI: https://doi.org/10.24905/psej.v5i2.46

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri Dalam Berbagai Bidang. Guepedia.

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1). http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/viewFile/73/45.

Gunawan, B. (2020). Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh dalam Perspektif Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal HAM, 11(3), 387–404. https://ejournal.balitbangham.go.id/index.php/ham/article/download/1359/pdf. DOI: https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.387-404

Gunawan, Y. I. P., & Amaludin, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19. Madaniyah, 11(2), 133–150. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/195.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Hasanah, D. U., Alfi, A., & Kurniasih, D. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1), 60–74. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.780. DOI: https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.780

Husaini, H. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Pada Masa Kebiasaan Baru. ADIBA: Journal of Education, 1(1), 49–60. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/19.

Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., Pertiwi, F. N., Fauziah, H. N., Santoso, L., & Pahlevi, F. S. (2020). Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis kurikulum merdeka dalam mengatasi learning loss di masa pandemi Covid-19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://edukatif.org/index.php/edukatif. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Julia, J. (2018). Kapita Selekta Seni, Budaya, dan Pendidikan. UPI Sumedang Press.

Kamayanti, A. (2017). Metodologi Konstruktif Riset Akuntansi: Membumikan Religiositas. Yayasan Rumah Peneleh. DOI: https://doi.org/10.52893/peneleh.2016.32.ak

Karta, I. W., Suarta, N., Rasmini, N. W., Widiana, I. W., Putri, N. N. C. A., & Antara, I. G. W. S. (2022). The Impact of Tri Pramana-based Hypothetic Deductive Learning Cycle Model on Character Forming and Creativity Development in Early Childhood. Educational Sciences: Theory & Practice, 22(2), 239–249. https://doi.org/10.12738/jestp.2022.2.0017.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956. DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Lutfi, A. M., Arianto, A., Arnyanty, H. S., Indriyani, R., Hidayatullah, F., Tari, Y., Andriani, R., Prasetia, R. D., Ihsan, M., & Annisa, N. (2020). Media Daring (Online) Solusi Pembelajaran Jarak Jauh. IAIN Parepare Nusantara Press.

Masrul, M., Abdillah, L. A., Tasnim, T., Simarmata, J., Daud, D., Sulaiman, O. K., Prianto, C., Iqbal, M., Purnomo, A., & Febrianty, F. (2020). Pandemik COVID-19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia. Yayasan Kita Menulis.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muali, C., & Qodratillah, K. R. (2018). Pengembangan karakter guru dalam menghadapi demoralisasi siswa perspektif teori dramaturgi. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1), 102–126. https://doi.org/10.22373/jm.v8i1.2792.

Muhyiddin, M. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118. DOI: https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Ningrum, M. N. W., Bupu, J. M., Pandina, S., & Halim, A. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Minat dan Kendala MBKM Pertukaran Pelajar Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 1033–1038. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/3443.

Nurhayati, S., Wicaksono, M. F., Lubis, R., Rahmatya, M. D., & Hidayat, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Guru SMA Negeri 5 Cimahi Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE), 1(2), 70–76. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/icomse.v1i2.3878. DOI: https://doi.org/10.34010/icomse.v1i2.3878

Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19–24. http://jurnal.universitaskebangsaan.ac.id/index.php/ensains/article/view/148. DOI: https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148

Oka, G. P. A. (2017). Media dan Multimedia Pembelajaran. Arya Oka.

Parji, M. H., & Sudarmiani, F. C. (2020). Environmental Impact Analysis on The Covid-19 Pandemic to primary Education Learning Process in Madiun Jawa Timur Indonesia. Elementary Education Online, 19(4), 136–142. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.04.115.

Pradhana, T. A. (2019). Self Presenting pada Media Sosial Instagram dalam Tinjauan Teori Dramaturgi Erving Goffman: studi pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pradita, K. K., Mahadewi, L. P. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2022). Konten E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Bali pada Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instruction, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/iji.v3i1.31134. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v3i1.31134

Putra, A. M. (2021). Refleksi Pandemi Covid-19: Dampak Dan Peluang Membangun Peradaban Berbasis Solidaritas Global: Reflection Of Covid-19 Pandemic: The Impact And Opportunity Of Civilization Developing Based On Global Solidarity. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 8(1), 109–135. https://doi.org/10.33550/sd.v8i1.224. DOI: https://doi.org/10.33550/sd.v8i1.224

Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon [the Effectiveness of Mathematics Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1–12. https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/download/3811/pdf. DOI: https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811

Rahman, R., Oentoe, F. J. A., Rindengan, M., & Mangangantung, J. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kesulitan Membaca dalam Proses Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Inpres 5/81 Karondoran. YUME: Journal of Management, 5(2), 58–80. https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.1748.

Rahmat, A., Isa, A. H., Ismaniar, M. P., & Mintarsih Arbarini, M. P. (2021). Model Mitigasi Learning Loss Era Covid 19: Studi pada Pendidikan Nonformal Dampak Pendidikan Jarak Jauh. Samudra Biru.

Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan Multikultural: Penguatan Identitas Nasional di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 44–50. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/261.

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Prenada Media.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Penerbit Genesis.

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran E-Learning menggunakan Whastsapp sebagai solusi ditengah penyebaran Covid-19 di MI Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946. DOI: https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946

Soraya, J., & Yuherawan, D. (2021). Mengawal Mutu Pendidikan Bagi Siswa sebagai bentuk Perlindungan Hukum atas Hak Anak atas Pendidikan Pada Masa Transisi Pandemi Covid 19. Simposium Hukum Indonesia, 2(1), 48–57. https://journal.trunojoyo.ac.id/shi/article/view/12161.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan, dan keagamaan. Nilacakra.

Tomi, T. (2021). Eksplorisasi Terhadap Implementasi Kurikulum Darurat di MTs Darul Huda Mayak pada Masa Pandemi Covid-19. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 622–632. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/389.

Trejos-Castillo, E., & Noriega, I. (2020). Mental and reproductive health in multisystem youth: An in-depth qualitative approach. Children and Youth Services Review, 109(June 2019), 104693. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.104693. DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.104693

Wibowo, D. R. (2020). Problematika Guru SD Dalam Pembelajaran IPS Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 167–176. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.7538. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.7538

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. INSPIRASI: JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL, 17(1). https://core.ac.uk/download/pdf/328198335.pdf.

Widjaja, F. I. (2019). Pluralitas Dan Tantangan Misi: Kerangka Konseptual Untuk Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.46307/rfidei.v4i1.28. DOI: https://doi.org/10.33541/jrfvol1iss1pp115

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, Bdr. Elex Media Komputindo.

Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Yuzulia, I. (2021). The Challenges Of Online Learning During Pandemic : Students ’ Voice. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 8–12. https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759. DOI: https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759

Diterbitkan

2022-12-12

Cara Mengutip

Sudarmiani, Malawi, I., Kertih, I. W., & Sarwono. (2022). Panopticon and Dramaturgy Concepts in the Implementation of Offline Learning Trials during the Covid-19 Period. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(3), 628–639. https://doi.org/10.23887/jpp.v55i3.48321

Terbitan

Bagian

Articles