PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA KELAS V SD

Authors

  • Putu Putri Dena Laksmi undiksha
  • Ni Wayan Suniasih undiksha
  • Komang Ngurah Wiyasa undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16410

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap efikasi diri siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri yang ada di Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 266 orang siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh banyaknya sampel dari populasi adalah 155 orang siswa. Data pola asuh orang tua dan efikasi diri dikumpulkan menggunakan metode angket dengan skala likert dan penskoran angket menggunakan politomi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Sebagai uji prasyarat adalah uji normalitas sebaran data dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh positif pola asuh orang tua terhadap efikasi diri siswa kelas V dengan kontribusi nilai R2 = 0,035 atau sebesar 3,5%. Persamaan model regresi efikasi diri = 65,89 + 0,34 pola asuh orang tua. Persamaan regresi tersebut menjelaskan bahwa setiap kenaikan skor pola asuh orang tua akan menyebabkan kenaikan 0,34 peningkatan efikasi diri siswa pada konstanta 65,89. Jadi dapat disimpulkan peningkatan dalam pola asuh orang tua dapat meningkatkan efikasi siswa.

 

Kata-kata kunci : pola asuh orang tua, efikasi diri

References

Agung, A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Alwisol. 2014. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Anwar, A.I. 2009. “Hubungan antara Self Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara”.

Baumrind, Diana. 1966. Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development. 37 (4), 887 - 907.

Baumrind, Diana. 1991. The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Substance Use. Journal of Early Adolescense. 11 (1), 56 -59.

Bandura, A. 1977. Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review. Vol.84, No.2 (hlm.191-215).

Bandura, A. 1997. Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Erlina, Winda. 2016. “Pola Asuh Orang Tua sebagai Prediktor Kecerdasan Emosional pada Remaja”

Jinks, J. & Morgan, V. (1999). “Children’s perceived academic self-efficacy: An inventory scale”. Vol.72, No. 4 (hlm 224-230).

Mulyadi, Seto, dkk. 2016. Psikologi Pendidikan akan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak, edisi kesebelas, jilid I. Terjemahan Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak, edisi ketujuh, jilid II. Terjemahan Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Taylor, Shelley E, dkk. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana.

Yusuf, Syamsu. 2017. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Dena Laksmi, P. P., Suniasih, N. W., & Ngurah Wiyasa, K. (2018). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA KELAS V SD. Mimbar Ilmu, 23(1), 83–94. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16410

Issue

Section

Articles