PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBASIS KARAKTER TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA

Authors

  • Ni Nyoman Rai Sawitri undiksha
  • Ni Wayan Suniasih undiksha
  • I Wayan Sujana undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16420

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbasis karakter terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan yang berjumlah 301 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling dengan mengacak kelas. Sampel yang didapatkan disetarakan terlebih dahulu menggunakan teknik matching. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara mengundi sehingga diperoleh siswa kelas IV SDN 11 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 1 Sesetan dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPS dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa yang berjumlah 32 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPS dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,52 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58 diperoleh harga ttabel=2,000 sehingga thitung = 3,52 > ttabel = 2,000. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbasis karakter terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018.

 

 

Kata kunci :      cooperative integrated reading and composition, karakter, kompetensi pengetahuan IPS

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakte. Bandung: Refika Aditma.

Kurniasih, Imas dan Berlin. Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Nurgiantoro. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suarjana. 2014. "Pengaruh Model CIRC Berbasis Soal Cerita Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Gianyar" Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 2

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Penekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yudasmini, M. 2015. "Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Memahami Bacaan Pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Gugus Buruan" Vol.5

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Groups

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Rai Sawitri, N. N., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBASIS KARAKTER TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA. Mimbar Ilmu, 23(2), 142–148. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16420

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>