PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBASIS KARAKTER TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16420Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbasis karakter terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan yang berjumlah 301 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling dengan mengacak kelas. Sampel yang didapatkan disetarakan terlebih dahulu menggunakan teknik matching. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara mengundi sehingga diperoleh siswa kelas IV SDN 11 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 1 Sesetan dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPS dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa yang berjumlah 32 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPS dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,52 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58 diperoleh harga ttabel=2,000 sehingga thitung = 3,52 > ttabel = 2,000. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbasis karakter terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci : cooperative integrated reading and composition, karakter, kompetensi pengetahuan IPS
References
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakte. Bandung: Refika Aditma.
Kurniasih, Imas dan Berlin. Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Nurgiantoro. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suarjana. 2014. "Pengaruh Model CIRC Berbasis Soal Cerita Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Gianyar" Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 2
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Penekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yudasmini, M. 2015. "Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Memahami Bacaan Pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Gugus Buruan" Vol.5
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Groups
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.