LKPD Interaktif IPS Berbasis Scientific Approach pada Materi Pengaruh Lingkungan terhadap Mata Pencaharian

Authors

  • Ida Ayu Made Dwi Idayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45111

Keywords:

Development, LKPD, Scientific Approach, Social Science

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran hanya berpatokan pada buku ajar yang didapatkan dari sekolah dan minimnya penggunaan LKPD dalam pembelajaran. Hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan media LKPD interaktif IPS berbasis scientific approach materi pengaruh lingkungan terhadap mata pencaharian kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 orang ahli mata pelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, dan 12 siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan kuisioner/angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kusioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi produk oleh ahli isi materi, desain pembelajaran, uji perorangan, dan uji kelompok kecil termasuk dalam kategori sangat baik. Media LKPD interaktif IPS berbasis scientific approach secara keseluruhan mendapatkan kualifikasi sangat baik dan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Implikasi penelitian ini yaitu LKPD interaktif berbasis scientific approach muatan IPS dapat digunakan sebagai tambahan bahan ajar dalam pembelajaran di kelas.

Author Biographies

Ida Ayu Made Dwi Idayanti, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Alfiyati. (2019). Implementasi Scientific Approach dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya terhadap Budi Pekerti Siswa di SMP Negeri 4 Rejang Lebong. Al-Bahtsu, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.29300/btu.v4i1.2000.

Ani, N. I., & Lazulva. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Nature Science and Integration, 3(1), 87–105. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi, dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Aprilda, N. M. M., Kusmana, A., & Rustam. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 434–442. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41097.

Ariswati, N. P. E. A., Murda, I. N., & Arini, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 31–41. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13105.

CoraLynn, B., Trewet, P. D., M.S, B.C.P.S, & C.D.E. (2013). Evaluation of The Impact of A Continuing Professional Development Worksheet on Sustained Learning and Implementing Change after A Continuing Pharmacy Education Activity. Research in Social and Administrative Pharmacy, 9(2), 215–221. https://doi.org/10.1016/j.sapharm.2012.06.002.

Elwi, L. C., Festiyed, & Djamas, D. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 9(April), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/2521171074.

Ernawati, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) pada Materi Teks Fabel Berbasis Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VIII. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 94–103. https://doi.org/10.33369/diksa.v5i2.9982.

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91. https://doi.org/doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353.

Giri, K. Y. Y., Suarni, N. K., & Arini, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 63–72. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13108.

Halilah, H. F., Tari, F. A., & Rusdiana, D. (2022). LKPD Interaktif dalam Pembelajaran Berbasis Projek dalam Bentuk Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 131–143. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i2.569.

Hidayanti, T. M., & Ain, S. Q. (2021). Lembar Kerja Siswa ( LKS ) pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 186–192. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37261.

Julianti, D. P., & Sumarmin, R. (2018). The Development of Student Worksheet Based on Scientific Approach on Environmental Pollution Topic for Junior High School Student Grade VII. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 10(1), 11–18. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v10.1.545.

Lee, C.-D. (2014). Worksheet Usage, Reading Achievement, Classes’ Lack of Readiness, and Science Achievement: A Cross-Country Comparison. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 2(2), 96–106. https://doi.org/10.18404/ijemst.38331.

Lisnawati. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Lingkungan Materi Perubahan Fisika dan Kimia IPA Terpadu di Kelas VII SMPN 2 Pulau Malan Tahun Ajaran 2020/2021. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 46–54. https://doi.org/10.51878/science.v1i1.217.

Mahardika, M. D. G., & Ramadhan, F. N. (2021). Pembelajaran IPS sebagai Penguat Nasionalisme dalam Menghadapi Tantangan di Era Globalisasi. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 6(2), 78–91. https://doi.org/10.17977/um022v6i22021p78.

Mandasari, S., Arnawa, I. M., & Atmazaki. (2018). Validity of RPP and LKPD Based on M-APOS Model in Class X Senior High School. International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology, 664–673. https://doi.org/10.29210/2018198.

Mardiyana, I. I., & Pritasari, A. C. (2020). Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Kelas IV Tema 4 “Berbagai Pekerjaan” Ditinjau dari Implementasi Pendekatan Saintifik. In Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (Vol. 7, Issue 1, pp. 1–14). https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.6255.

Masrokhah, Utaminingsih, S., & Su’ad. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kecamatan Demak. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 232–242. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7249.

Mayasari, N., & Sulfemi, W. B. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019.

Misbah, Dewantara, D., Hasan, S. M., & Annur, S. (2018). The Development of Student Worksheet by Using Guided Inquiry Learning Model to Train Student’s Scientific Attitude. Unnes Science Education Journal, 7(1), 19–26. https://doi.org/10.15294/USEJ.V7I1.15799.

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 204–213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691.

Prabandari, A. S., & Kristin, F. (2021). Pengembangan LKS IPS Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 355–363. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.309.

Purwanti, E., & Noviana, P. D. (2019). Social Intelligence Contribution in Perspective Learning Outcomes of Elementary School Social Science Subject. Advances in Social Science, Education and Humanities Research by Atlantis Press, 382, 337–340. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.84.

Purwati, M., & Ristiono. (2021). Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 334–339. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34850.

Putra, G. Y. M. A., Suarjana, I. M., & Agustiana, G. A. T. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813.

Putri, A., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Tipe Picture and Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 644–648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.415.

Rahayuningsih, D. I., Mustaji, & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 726. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733.

Rahayuningsih, M. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Jasa dengan Pembelajaran Problem Based Learning. Indonesian Journal of Education and Learning, Vol 1, No, 43–51. https://doi.org/10.31002/ijel.v1i1.438.

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning During The Covid-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388.

Ratnawati, T. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Daring Instalasi Motor Listrik Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Interaktif. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 839–848. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166.

Riyani, N. L. V. E., & Wulandari, G. A. A. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V di SD No. 3 Sibanggede. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 285–291. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2046.

Safitri, N. L., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2018). Pengembangan LKS Project Based Learning Berbasis Penelitian Perlakuan Perbedaan Dosis Fosfat pada Genotipe Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 518–523. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10813.

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434.

Satriani, Rafiqah, & Ikbal, M. S. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnosains dengan Model Penalaran Kausal. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 8–16. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1.3240.

Silitonga, D. A., & Panggabean, D. D. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Materi Suhu dan Kalor di SMA Cahaya Medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 9(4), 14–27. https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i4.29776.

Siskiliani, S., & Jeranah, J. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dengan Menggunakan Media Padlet terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMA YP PGRI 3 Makassar. Journal Pendidikan Matematika, 1(1), 181–189. http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/jmy/article/view/144.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran (Issue January 2016). Universitas Pendidikan Ganesha.

Suparlan, S. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SD/MI Kelas IV. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 93 – 115. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104.

Sutarto, S., Sari, D. P., & Fathurrochman, I. (2020). Teacher Strategies in Online Learning to Increase Students’ Interest in Learning During COVID-19 Pandemic. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 129–137. https://doi.org/10.29210/147800.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Utami, D. P., & Dafit, F. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis High Order Thingking Skills ( HOTS ) pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 381–389. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41138.

Wahyuni, S., Rizki, L. K., Budiarso, A. S., Putra, P. D. A., & Narulita, E. (2021). The Development of E-Student Worksheet on Environmental Pollution to Improve Critical Thinking Skills of Junior High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 723–728. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i4.870.

Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6359.

Yustina, Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The Effects of Blended Learning and Project-Based Learning on Pre-Service Biology Teachers’ Creative Thinking Skills Through Online Learning in The COVID-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Idayanti, I. A. M. D., & Sujana, I. W. (2022). LKPD Interaktif IPS Berbasis Scientific Approach pada Materi Pengaruh Lingkungan terhadap Mata Pencaharian. Mimbar Ilmu, 27(1), 33–43. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45111

Issue

Section

Articles