Model Quantum Tipe VAK Berbasis Penilaian Portofolio Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Tatwi Utaminingsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26616

Abstract

Rendahnya hasil belajar kognitif IPA disebabkan oleh kebiasaan siswa yang cenderung menghafal dan kurangnya guru melakukan umpan balik serta kurang melakukan penilaian proses. Dari permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum tipe visual, auditori dan kinestetik (VAK) berbasis penilaian portofolio terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non equivalent posttest only group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah 157 orang siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 61 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster sampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t sampel independent.  Berdasarkan analisis data terungkap bahwa t hitung yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001. Berdasarkan  hal tersebut dapat disimpulan bahwa model pembelajaran quantum tipe VAK berbasis penilaian portofolio berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. 

Author Biography

Tatwi Utaminingsih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Alditia, dkk. (2016). Pengaruh Model Visual, Auditory, Dan Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. 1(1), 351–360. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3041

Anggis, E. V. (2016). Penerapan Model Kooperatif JIGSAW berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Kognitif Pendekatan dan Jenis Penelitian. Universitas Wiralodra (Proceeding Biology Education Conference) (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016: 493-497 Penerapan, 13(1), 493–497.

Ariastini, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Tipe VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sesetan.

Arini, N. K. A. D., dkk. (2020). Korelasi Antara Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. MIMBAR ILMU, 25.

DePorter, D. (2005). Quantum Teaching. Bandung: Mizan Media Utama.

Elisa, Triyan Desti, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, dan Kinestethic) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 147 Pekanbaru. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Universitas Riau P-ISSN: 2087-412X e-ISSN:2655-870X, 11(1), 19–26.

Enggarwati, N. S. (2015). Kesulitan Guru SD Negeri Glagah dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta, 1–7.

Handini; Gusrayani; Lichteria. (2016). Penerapan Model Contextual Teachig and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Gaya. Pena Ilmiah, 1, 451–460.

Hujaemah, E., dkk. (2019). Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah IBTIDAIYAH, 5.

Indrayani, K. A. A., dkk. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2.

Jannah, M. M., dkk. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualiztion Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8.

Khasanah, Latifah, dkk. (2018). Application of Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) Learning Model for Increasing Understanding Energy Concept. Jawa Tengah: Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series.

Muna, I. A. (2017). Asesmen Portofolio dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2.

Nurtanto & Sofyan. (2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5.

OECD. (2018). PISA 2018 Insight and Interpretations. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/ PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF. ...

Parwati, I. A. K. C., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Bermediakan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan), 4, 51–71.

Rahayu, Megawati, dkk. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Vak (Visual, Auditory, Kinesthetic) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. EDUTCEHNOLOGIA, 3.

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Rukmana, dkk. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran VAK Berbantuan Media Tongkat Tokoh. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/IJEE, 2.

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan (5th ed.; Rendy, ed.). Jakarta: Prebadamedia Group.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sudiantini, N. P. A., dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Berbasis Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). STAIN Kudus, Jawa Tengah, 4.

Sumardi. (2017). Pengembangan Model Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Di SMP. Jurnal VARIDIKA, 28.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor. Jakarta.

Surahman, dkk. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera. Jurnal Kreatif Tadulako ISSN 2354-614X, 3(4), 91–107.

Surapranata & Hatta. (2007). Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tias, I. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik P-ISSN 2581-1843 e-ISSN 2581-1835, 1(1), 50–60.

Tim, P. M. K. dan P. (2011). Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Trianingsih, R. (2018). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. IAIN Syekh Nurjati Cirebon Journals, 3(February), 197–211.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional, 1990. Jakarta.

Undang-Undang Dasar 1945. Jakarta.

Zahro, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) dan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8 (2), 196.

Downloads

Published

2020-09-27

How to Cite

Utaminingsih, T., Parmiti, D. P., & Astawan, I. G. (2020). Model Quantum Tipe VAK Berbasis Penilaian Portofolio Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 25(2), 271–281. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26616

Issue

Section

Articles