Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Kadek Arya Mudanta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu 4D, terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Subyek penelitian ini adalah instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA berupa kisi-kisi, lembar kuisioner dan tes hasil belajar IPA. Data yang dikumpulkan menggunakan metode angket dan tes. Data yang diperoleh akan dianalisis validitas dan reliabilitas masing-masing instrumen. Nilai rata-srata sebesar 0,92 dan 1 didapatkan dari hasil analisis validitas intrumen penilaian motivasi belajar dan hasil  belajar, artinya kedua instrumen penilaian ini memilki validitas yang sangat tinggi. Sedangkan hasil analisis reliabilitas intrumen penilaian motivasi belajar adalah  0,86 dan hasil belajar IPA 0,87, artinya kedua instrumen ini memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. Dari hasil yang diperoleh, maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA layak dikembangkan dan digunakan untuk melakukan penilaian kepada siswa.

Author Biography

Kadek Arya Mudanta, Universitas Pendidikan Ganesha

universitas pendidikan ganesha

References

Abdullah, R. 2015. Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah. Latanida Journal. Volume 3, No. 2.

Agung, A. A. G. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktek. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustini, K. S. A., Gading, I. K., & Tristayani, L. A. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Kelompok B Semester II TK Kartika VII-3. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4, No. 2, hlm. 1–10.

Aji, B. S., & Winarno, M. E. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume 1, No. 7, hlm. 1449–1463.

Andriani, R., & Rasto, R. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 4, No. 1, hlm. 80–86.

Arjuniwati, A. 2019. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Peluang Mata Pelajaran Matematika Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 3, No. 1, hlm. 1–13.

Astalini, & Kurniawan, D. A. 2019. Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS). Volume 7, No. 1, hlm. 1–7.

Candiasa, I. M. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Dewi, N. D. L., & Prasetyo, Z. K. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian IPA Untuk Memetakan Critical Thinking dan Practical Skill Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Volume 2, No. 2, hlm. 213–222.

Dewi, N. R., & Akhlis, I. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Permainan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Unnes Science Education Journal. Volume 5, No. 1, hlm. 1098–1108.

Hamid, M. A. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK Pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. Volume 1, No. 1, hlm. 37–46.

Hardiani, I. N. 2017. Pengembangan Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Mitra Pendidikan. Volume 1, No. 6, hlm. 2550–0481.

Hayati, S., & Lailatussaadah. 2016. Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan (PAKEM) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Volume 16, No. 2, hlm. 169–179.

Huntaruk, P., & Simbolon, R. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ(School Education Journal). Volume 8, No. 2, hlm. 121–129.

Koyan, I. W. 2011. Assesment Dalam Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.

Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. 2018. Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Education. Volume 5, No. 1, hlm. 14–26.

Maulida, E. F. J., & Mukminan. 2016. Implementasi Teams Games Tournaments Berbantuan Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Terhadap Pembelajaran IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. Volume 3, No. 1, hlm. 27–38.

Muttaqin, M. Z., & Kusaeri, K. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Tertulis Bentuk Uraian Untuk Pembelajaran Pai Berbasis Masalah Materi Fiqh. Jurnal Tatsqif. Volume 15, No. 1, hlm. 1–23.

Norazaini. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Media Lingkungan Alam Pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 7, No. 6, hlm. 716–722.

Purnomo, P., & Palupi, M. S. 2016. Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD). Volume 20, No. 2, hlm. 151–157.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharman. 2018. Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. Volume 10, No. 1, hlm. 93–115.

Sujana, I. W. C. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 4, No. 1, hlm. 29–39.

Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian IPA Terpadu Dalam Pembelajaran Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Volume 11, No. 1, hlm. 36–52.

Uno, H. B. 2008. Teori Motivasi & Pengukuran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusuf, M. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendali Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2020-09-27

How to Cite

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262–270. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611

Issue

Section

Articles