Menilai Kompetensi Pengetahuan IPA Dengan Instrumen Pada Topik Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda

Ari Novi Yani, I Made Tegeh, nyoman laba jayanta

Abstract


Guru mengalami kendala dalam pembuatan instrumen untuk menilai capaian belajar siswa yang berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada kompetensi pengetahuan IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menciptakan instrumen kompetensi pengetahuan IPA yang layak pada topik pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap yang meliputi tahap (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), dan (4) penyebaran (disseminate). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, studi dokumen, dan metode tes berupa pilihan ganda. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitias, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda soal. Sebelum instrumen diimplementasikan kepada siswa terlebih dahulu dilakukan uji kepada ahli untuk membuktikan validitas isi instrumen. Hasil uji ahli menunjukkan sebanyak 34 soal relevan dan sebanyak 1 soal tidak relevan. Hasil implementasi kepada siswa menunjukkan instrumen memiliki validitas butir baik dengan 29 soal valid dan 5 soal tidak valid. Uji reliabilitas instrumen tergolong dalam kategori sangat tinggi dengan tingkat kesukaran sedang dan daya beda baik.  Kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan hal tersebut adalah instrumen kompetensi pengetahuan IPA pada topik pengaruh kalor terhdaap perubahan suhu dan wujud benda valid dan layak digunakan untuk menilai capaian kompetensi pengetahuan IPA siswa.


Keywords


instrumen penilaian IPA, pengaruh kalor

References


Abbas, M. L. H. (2016). Pengembangan Instrumen Three Tier Diagnostic Test Miskonsepsi Suhu dan Kalor. Ed-Humanistics, 01(02).

https://www.academia.edu/download/56084463/Three_Tier_test_Miskonsepsi.pdf

Adawiyah, R., & Wisudawati, A. W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains : Menilai Pemahaman Fenomena Ilmiah Mengenai Energi. Indonesian Journal of Curriculum, 5(2), 112–121.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8675 Article

Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004

Anditiasari, N., & Dewi, N. R. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes Piaget ’ s Theory of Cognitive Development Analysis in 11 Year Olds in Brebes. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 97–108. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.177

Archer, P. D., Ming, D. W., & Sutter, B. (2013). The effects of instrument parameters and sample properties on thermal decomposition: interpreting thermal analysis data from Mars. Planetary Science, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.1186/2191-2521-2-2

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Arini, F. Z. R., Susilaningsih, E., & Dewi, N. K. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Proses untuk Mengukur Keterampilan Sains dan Aktivitas Siswa SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 170–178.

https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.19715

Ayu, P. E. S., Marhaeni, A. A. I. N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Pada Mata Pelajaran IPA SD. PENDASI, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2696

Azizah, N., Wati, M., M., A. S., & Mahtari, S. (2017). Pengembangan Instrumen Kognitif Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Pesawat Sederhana. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 340. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i3.3933

Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 243–255. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96

Gustina, S., Rosidin, U., & Nyeneng, I. D. P. (2017). Pengembangan Instrumen Performance Assesment Fisika Pada Pembelajaran Laboratorium Berbasis KIT IPA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 117–126.

http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6033

Haka, N. B., Hamid, A., Nurhidayah, N., Kesumawardhani, A. D., Rudhini, M., & Riski, R. A. (2019). Pengembangan Instrumen Evaluasi Two-Tier Multiple Choice Terhadap Literasi Sains Berbantuan Personal Computer. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 10(2), 201–214. https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.5755

Hariono, I., Wiryokusumo, I., & Fathirul, A. N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Form Pelajaran Matematika. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 57–68.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um039v6i12021p057

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Imania, K. A. N., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47.

https://doi.org/https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Isnanto, J. N., & Kusdiwelirawan, A. (2020). Survey Studi Pendahuluan Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) SMA. … Seminar Pendidikan Fisika FITK …, 2(1). https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/1374

Julianingsih, S., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen HOTS Untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan IPA Siswa di SMP. 5(3), 59–68. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6028

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Kurniawati, D., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 640–648. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.387

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Mahmud, S. N. D., Nasri, N. M., Samsudin, M. A., & Halim, L. (2018). Science teacher education in Malaysia: challenges and way forward Siti. Asia-Pacific Science Education ORIGINAL, 4(8), 153–155. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s41029-018-0026-3

Mar’atus, S. F., Maharta, N., & Suana, W. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Journal of Physics and Science Learning, 02(1), 17–26. http://repository.lppm.unila.ac.id/9016/1/2018%2C Fitri Maratus%2C Wayan Suana dkk. PASCAL Journal.pdf

Meo, L., We’u, G., & BS, Y. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38–52. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.97

Mutmainna, D., Mania, S., & A. Sriyanti. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Matematika. MaPan, 6(1), 56–69. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a6

Nafsih, N. Z., Festiyed, F., & Mufit, F. (2020). Meta Analisis: Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika dan IPA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(1), 89–96.

https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jppf.v6i1.108965

Nufus, S. H., Gani, A., & Suhendrayatna. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 44–51. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa madrasah aliyah. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 134–141. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd

Oktharia, E., Rudibyani, R. B., & Sofia, E. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan untuk Mengukur Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 74–85.

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/download/13033/pdf_13

Pettersson, L., Ryden, S., Tjäder, I., Rooyackers, O., & Wernerman, J. (2015). Validation of a point-of-care instrument for bedside glutamine screening in the intensive care unit. Intensive Care Medicine Experimental, 3(S1), 2015. https://doi.org/10.1186/2197-425x-3-s1-a190

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL IKA, 8(2), 304–314. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330

Pratiwiningtyas, B. N., Susilaningsih, E., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16199

Qureshi, H. A., & Ünlü, Z. (2020). Beyond the Paradigm Conflicts: A Four-Step Coding Instrument for Grounded Theory. International Journal of Qualitative Methods, 1(9), 1–10. https://doi.org/10.1177/1609406920928188

Sari, D. S., Widiyawati, Y., Nurwahidah, I., & Ivet, U. (2019). Pengembangan instrumen integrated science test untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP. Transformasi Sains Dalam Pembelajaran Untuk Menyiapkan SDM Pengelola Sumberdaya Hayati Berkelanjutan Di Era Revolusi Industri 4.0 Bervisi Entrepreneurship, 1–9. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/150

Setiawan, H., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 874–882. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9602

Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Development of Experiment Performance Assessment To Assess Science Process Skills and Cooperation. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181.

https://www.researchgate.net/publication/324809427_Developing_E-Learning_Media_with_the_Contiguity_Principle_for_the_Subject_of_AutoCAD

Sudibyo, E., Nurita, T., Qosyim, A., Sabtiawan, W. B., Surabaya, U. N., & Kediri, K. (2020). Pendampingan Pengembangan Instrumen Penilaian Berstandar Nasional Bagi Guru IPA SMP Kabupaten Kediri. ABDI, 5(2), 127–133.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/ja.v5n2.p127-133

Sudirman, S., Kistiono, K., Akhsan, H., & Ariska, M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Ipa Berbasis Berpikir Kritis Pada Konsep Listrik Siswa Smp. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 28–40. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10903

Sylvia, I., Anwar, S., & Khairani, K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Pendekatan Authentic Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 103. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.162

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Vinokurov, A., Geller, D., & Martin, T. L. (2007). Translation as an Ecological Tool for Instrument Development. International Journal of Qualitative Methods, 6(2), 40–58. https://doi.org/10.1177/160940690700600205

Wangsa, G. N. A. S., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus Kecamatan Gerokgak. PENDASI, 5(1), 139–150.

https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.267

Widiyawati, Y., Nurwahidah, I., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan Instrumen Integrated Science Test Tipe Pilihan Ganda Beralasan Untuk Mengukur HOTS Peserta Didik. Saintifika, 21(2), 1–14. issn: 1411 – 5433

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 81–88. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/33760

Yoga, P., Sariasa, & Gunamantha, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keyakinan Diri dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i1.3507

Yunita, L., Agung, S., & Noviyanti, Y. (2017). Penerapan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Siswa Pada Praktikum Kimia di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 1(2), 107–114.

http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/107-114/1717




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mi.v26i3.35627

Article Metrics

Abstract view : 327 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Mimbar Ilmu indexed by:


Akreditasi SINTA   Crossref 

Creative Commons License

Mimbar Ilmu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.