Menilai Kompetensi Pengetahuan IPA dengan Instrumen Pada Topik Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda

Authors

  • Ni Kadek Ary Noviyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.35627

Keywords:

instrumen penilaian IPA, pengaruh kalor

Abstract

Guru mengalami kendala dalam pembuatan instrumen untuk menilai capaian belajar siswa yang berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada kompetensi pengetahuan IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menciptakan instrumen kompetensi pengetahuan IPA yang layak pada topik pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, studi dokumen, dan metode tes berupa pilihan ganda. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitias, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda soal. Sebelum instrumen diimplementasikan kepada siswa terlebih dahulu dilakukan uji kepada ahli untuk membuktikan validitas isi instrumen. Hasil uji ahli menunjukkan sebanyak 34 soal relevan dan sebanyak 1 soal tidak relevan. Hasil implementasi kepada siswa menunjukkan instrumen memiliki validitas butir baik dengan 29 soal valid dan 5 soal tidak valid. Uji reliabilitas instrumen tergolong dalam kategori sangat tinggi dengan tingkat kesukaran sedang dan daya beda baik.  Kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan hal tersebut adalah instrumen kompetensi pengetahuan IPA pada topik pengaruh kalor terhdaap perubahan suhu dan wujud benda valid dan layak digunakan untuk menilai capaian kompetensi pengetahuan IPA siswa.

Author Biographies

Ni Kadek Ary Noviyani, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Sekolah Dasar

I Made Tegeh, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Nyoman Laba Jayanta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Abbas, M. L. H. (2016). Pengembangan Instrumen Three Tier Diagnostic Test Miskonsepsi Suhu dan Kalor. Ed-Humanistics, 01(02). http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/69.

Adawiyah, R., & Wisudawati, A. W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains : Menilai Pemahaman Fenomena Ilmiah Mengenai Energi. Indonesian Journal of Curriculum, 5(2), 112–121. http://dx.doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8675 Article.

Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380–1389. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/viewFile/4443/3807.

Anditiasari, N., & Dewi, N. R. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes Piaget ’ s Theory of Cognitive Development Analysis in 11 Year Olds in Brebes. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 97–108. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.177.

Archer, P. D., Ming, D. W., & Sutter, B. (2013). The effects of instrument parameters and sample properties on thermal decomposition: interpreting thermal analysis data from Mars. Planetary Science, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.1186/2191-2521-2-2.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058.

Arini, F. Z. R., Susilaningsih, E., & Dewi, N. K. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Proses untuk Mengukur Keterampilan Sains dan Aktivitas Siswa SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 170–178. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.19715.

Ayu, P. E. S., Marhaeni, A. A. I. N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Pada Mata Pelajaran IPA SD. PENDASI, 2(2). https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2696.

Azizah, N., Wati, M., M., A. S., & Mahtari, S. (2017). Pengembangan Instrumen Kognitif Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Pesawat Sederhana. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 340. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i3.3933.

Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 243–255. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96.

Gustina, S., Rosidin, U., & Nyeneng, I. D. P. (2017). Pengembangan Instrumen Performance Assesment Fisika Pada Pembelajaran Laboratorium Berbasis KIT IPA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 117–126. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/12490.

Haka, N. B., Hamid, A., Nurhidayah, N., Kesumawardhani, A. D., Rudhini, M., & Riski, R. A. (2019). Pengembangan Instrumen Evaluasi Two-Tier Multiple Choice Terhadap Literasi Sains Berbantuan Personal Computer. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 10(2), 201–214. https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.5755.

Hariono, I., Wiryokusumo, I., & Fathirul, A. N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Form Pelajaran Matematika. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 57–68. http://dx.doi.org/10.17977/um039v6i12021p057.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018.

Imania, K. A. N., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445.

Julianingsih, S., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen HOTS Untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan IPA Siswa di SMP. 5(3), 59–68. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/12786.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264.

Kurniawati, D., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 640–648.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.

Mahmud, S. N. D., Nasri, N. M., Samsudin, M. A., & Halim, L. (2018). Science teacher education in Malaysia: challenges and way forward Siti. Asia-Pacific Science Education ORIGINAL, 4(8), 153–155. https://doi.org/10.1186/s41029-018-0026-3.

Mar’atus, S. F., Maharta, N., & Suana, W. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Journal of Physics and Science Learning, 02(1), 17–26. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASCAL/article/view/625.

Meo, L., We’u, G., & BS, Y. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38–52. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.97.

Mutmainna, D., Mania, S., & A. Sriyanti. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Matematika. MaPan, 6(1), 56–69. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a6.

Nafsih, N. Z., Festiyed, F., & Mufit, F. (2020). Meta Analisis: Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika dan IPA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(1), 89–96. https://doi.org/10.24036/jppf.v6i1.108965.

Nufus, S. H., Gani, A., & Suhendrayatna. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 44–51. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8406.

Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa madrasah aliyah. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 134–141. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3392.

Oktharia, E., Rudibyani, R. B., & Sofia, E. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan untuk Mengukur Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 74–85. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13033.

Pettersson, L., Ryden, S., Tjäder, I., Rooyackers, O., & Wernerman, J. (2015). Validation of a point-of-care instrument for bedside glutamine screening in the intensive care unit. Intensive Care Medicine Experimental, 3(S1), 2015. https://doi.org/10.1186/2197-425x-3-s1-a190.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL IKA, 8(2), 304–314. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830.

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330.

Pratiwiningtyas, B. N., Susilaningsih, E., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16199.

Qureshi, H. A., & Ünlü, Z. (2020). Beyond the Paradigm Conflicts: A Four-Step Coding Instrument for Grounded Theory. International Journal of Qualitative Methods, 1(9), 1–10. https://doi.org/10.1177/1609406920928188.

Setiawan, H., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 874–882. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9602.

Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Development of Experiment Performance Assessment To Assess Science Process Skills and Cooperation. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012075.

Sudibyo, E., Nurita, T., Qosyim, A., Sabtiawan, W. B., Surabaya, U. N., & Kediri, K. (2020). Pendampingan Pengembangan Instrumen Penilaian Berstandar Nasional Bagi Guru IPA SMP Kabupaten Kediri. ABDI, 5(2), 127–133. http://dx.doi.org/10.26740/ja.v5n2.p127-133.

Sudirman, S., Kistiono, K., Akhsan, H., & Ariska, M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Ipa Berbasis Berpikir Kritis Pada Konsep Listrik Siswa Smp. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 28–40. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10903.

Sylvia, I., Anwar, S., & Khairani, K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Pendekatan Authentic Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 103. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.162.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Vinokurov, A., Geller, D., & Martin, T. L. (2007). Translation as an Ecological Tool for Instrument Development. International Journal of Qualitative Methods, 6(2), 40–58. https://doi.org/10.1177/160940690700600205.

Wangsa, G. N. A. S., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 139–150. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.267.

Widiyawati, Y., Nurwahidah, I., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan Instrumen Integrated Science Test Tipe Pilihan Ganda Beralasan Untuk Mengukur HOTS Peserta Didik. Saintifika, 21(2), 1–14. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/13394.

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3). http://dx.doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760.

Yoga, P., Sariasa, & Gunamantha, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keyakinan Diri dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 31–40. https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i1.3507.

Yunita, L., Agung, S., & Noviyanti, Y. (2017). Penerapan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Siswa Pada Praktikum Kimia di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 1(2), 107–114. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/107-114

Downloads

Published

2021-07-24

How to Cite

Noviyani, N. K. A., Tegeh, I. M., & Jayanta, N. L. (2021). Menilai Kompetensi Pengetahuan IPA dengan Instrumen Pada Topik Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda. Mimbar Ilmu, 26(3), 431–439. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.35627

Issue

Section

Articles