PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PENGEMBANGAN 4D PADA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU

Authors

  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • Alexander Hamonangan Simamora Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Dwipayana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Abstract

Abstrak

Seiring perkembangan teknologi yang sangat cepat menyebabkan nilai-nilai agama kurang di perhatikan, sehingga dalam pembelajaran siswa hanya mengetahui namun tidak memahami, padahal ilmu agama merupakan ilmu yang di gunakan sebagai pedoman hidup. Pemahaman siswa terhadap ilmu agama di sebabkan oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional tanpa memberikan contoh-contoh konkret dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman siswa dan tidak tecapainya hasil belajar secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran, (2) mendeskripsikan kualitas hasil validitas pengembangan video pembelajaran menurut para ahli dan uji coba produk, (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran. Analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial (uji-t). model pengembangan yang di gunakan adalah model 4D, video pembelajaran Agama Hindu valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan produk berpredikat sangat baik (93,3%), (b) hasil review ahli media menunjukkan produk berpredikat sangat baik (98,6%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan produk berpredikat sangat baik (93,8%), (d) hasil uji perorangan menunjukkan produk berpredikat sangat baik (94,76%), hasil uji kelompok kecil menunjukkan produk berpredikat sangat baik (95,9%). Hasil uji lapangan menunjukkan produk berpredikat sangat baik (95,98%). Efektivitas pengembangan menunjukkan bahwa video pembelajaran Agama Hindu yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar Agama Hindu (thitung = 11,368 > ttabel = 2,042 pada taraf signifikansi 5%). artinya produk terbukti efektif secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu.

 

Kata-kata kunci : 4D, Agama Hindu, Video Pembelajaran

 

Abstract

Along with quick technological development caused religious value less be cared, so that in learning proces, students only knew but did not understand religion besides religion is a science used as life orientation. Students understanding of religion were caused by learning proces that still used convensional learning method without giving concrete examples in learning proces so as caused students lavk of understanding and not achieving maximum students learning outcomes. This research was intended to describe a Hindu learning video, described/explained the result quality of Hindu developing validity learning videos according to experts and product trial, to find out the effectiveness of Hindu learning video. Data analysis used were qualitative descriptive analysis tecnique, deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Developing model used was 4D model, (2) valid Hindu learning video with: review result of subject matter experts showed learning videos of Hindu predicated very well (93.3%), review result of media expert showed the design predicated very well (98,6%), review result of learning design expert showed Hindu learning video predicated very well (93,8%), individual test result showed Hindu learning video predicated very well (94,76%), small group test result showed Hindu learning video predicated very well (95,9%). Field test result showed product predicated very well (95,98%). (3) developing effectiveness showed Hindu learning video which effectively developed increasing result study of Hindu religion (t count = 11,368> t table = 2,042 at the significance level of 5%). It means Hindu learning video proven effective in improving the learning outcomes of Hindu effectively.

 

Keywords: 4D, Learning Video, Hindu

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Mahadewi, Luh Putu Putrini. 2014. Problematika Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Firmandhika, Armandha. 2012. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Agama Hindu Materi Ukuran Bidang Pandang Pengambilan Gambar Untuk Siswa Kelas VI Multimedia SMKN 2 Buduran Sidoarjo”. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/6725/4563, Vol. 1, No. 1 (diakses pada tanggal 18 oktober 2018).

Prawiradilga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Putri, Novitasari. 2015. “Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Multi Media (Paket Keahlian Multimedia) Dengan Model Pembelajaran Task Based Learning Pada Kelas V Di SMK 3 Mataram”. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/6620/4508, Vol. 4, No. 5 (diakses pada tanggal 18 oktober 2018).

Batubara dan Dessy. 2016 “Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI” https://media.neliti.com/media/publications/222485-pemanfaatan-video-sebagai-media-pembelaj.pdf” Vol.2, No. 1 (diakses pada tanggal 10 November 2018).

Purwati, Budi. 2015 “ Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure”http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/download/2194/2344Vol. 3, No.1 5(diakses pada tanggal 10 November 2018).

Sadiman, Arief S, dkk. 2009. Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fahmy, Ahmed M, dkk. 2014. “The State of Video-Based Learning: A Review and Future Perspectives” https://pdfs.semanticscholar.org/adbb/a2031b01cf1dea52cf1dfe181446f151f9ed.pdf Vol. 6, No 3 (diakses pada tanggal 10 Desember 2018).

Sudarma, I Komang, dkk. 2015. Desain Pesan: Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang fungsi agama

Setiawan, I Nyoman Rai. 2017 “ Struktur, Nilai Pendidikan Karakter Hindu Dan Tanggapan Anak Nyastra Tentang Santi Parwa” https://media.neliti.com/media/publications/266336-struktur-nilai-pendidikan-karakter-hindu-c78ba1aa.pdfVol. 16, No.01 (diakses pada tanggal 12 Januari 2019).

Wuryanti, Umi dan Badrun Kartowagiran. 2016 “Pengembangan Media Video Video Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar” https://media.neliti.com/media/publications/123228-ID-pengembangan-media-video-video-untuk-m.pdfVol. 6, No.2 (diakses pada tanggal 12 Januari 2019).

Fadhli, Muhibuddin. 2015 “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas V Sekolah Dasar”. https://www.researchgate.net/publication/313860243_Pengembangan_Media_Pembelajaran_Berbasis_Video_Kelas_Iv_Sekolah_DasarVol. 3, No.1 (diakses pada tanggal 12 Januari 2019).

Qonita Silmi, Munida dan Putri Rachmadyanti. 2018 “Pengembangan Media Pembelajaran Video Video Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V” https://media.neliti.com/media/publications/254987-pengembangan-media-pembelajaran-video-an-3ce95323.pdf Vol. 03, No.04 (diakses pada tanggal 12 Januari 2019).

Fauzan Aziz, dan Dwi Rahdiyanta. 2017 “ Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Teori Pemesinan Frais”. https://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika/article/download/15994/9761 Vol. 2, No. 2 (diakses pada tanggal 25 Maret 2019).

Aditya, Arya. 2017 “ Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD” http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/download/5227/pdf Vol. 4, No. 1 (diakses pada tanggal 25 Maret 2019

Dewi, Risna. 2016 “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Bali Untuk Siswa Kelas III”. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/download/7630/5202 Vol. 5, No. 2 (di akses pada tanggal 3 Mei 2019)

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PENGEMBANGAN 4D PADA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Issue

Section

Articles