PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN TEKS DIALOG TERHADAP KOMPETENSI KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16415Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran role playing berbantuan teks dialog dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo, yang berjumlah 315 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik sampel kelompok. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 6 Kesiman berjumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 14 Kesiman berjumlah 38 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah rubrik penilaian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran role playing berbantuan teks dialog dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil = 3,81 > = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 67. Nilai rata-rata kompetensi keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia kelompok eksperimen = 85,00 > = 76,45 kelompok kontrol. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan teks dialog terhadap kompetensi keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci : role playing, teks dialog, keterampilan berbicara
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Fadhila, Afina Nur, dkk. 2016. “Peningkatan Kompetensi keterampilan berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNS, (hlm.1-5) (diakses tanggal 10 Januari 2018).
Huda, Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juliati, Ni Wayan, dkk. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Time Token Berbantuan Gambar Berseri terhadap Kompetensi keterampilan berbicara Siswa Kelas V SD Gugus I Gianyar”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 2, Nomor 1 (hlm.1-10) (diakses tanggal 10 Januari 2018).Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.Lestari, Novi Elyana dan Wahyu Sukartiningsih. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Komik Tanpa Dialog terhadap Kemampuan Menulis Teks Dialog Siswa Kelas III SD Kecamatan Wiyung Surabaya”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNESA, Volume 3, Nomor 2 (hlm.2077-2086) (diakses tanggal 24 Januari 2018).
Piliang, Yasraf Amir. 2004. “Semiotika Teks: Sebuah Pendekatan Analisis Teks”. Mediator, Volume 5, Nomor 2 (hlm.189-198) (diakses tanggal 23 Januari 2018).
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indoesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Putri, Mega dan Melia Rahmadona. 2016. “Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok”. Bahastra Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok Sumbar, Volume XXXVI, Nomor 1 (hlm.85-97) (diakses tanggal 23 Januari 2018).
Rusmana, Mulia Ardi. 2013. “Pembelajaran Menulis Teks Dialog dengan Menggunakan Metode Environment learning Pada Siswa Kelas V SDN I Leuwianyar Bandung”. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi Bandung (hlm.1-6) (diakses tanggal 18 Januari 2018).Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2006. Jakarta: BNSP.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Interpratama Mandiri.
Wimpiadi, I Kadek, dkk. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 10 Pemecutan”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 2, Nomor 1 (hlm.1-11) (diakses tanggal 13 April 2018).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.