PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16418Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching berbasis pendidikan karakter terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok Non-Ekuivalen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur yang berjumlah 328 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 10 Kesiman yang berjumlah 42 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB SDN 3 Kesiman yang berjumlah 43 sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan melalui metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dalam bentuk gain skor dari kompetensi pengetahuan IPA. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh rata-rata gain skor kelompok eksperimen =0,34 > =0,25 kelompok kontrol. Melalui uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi 5% dan dk 83 diperoleh thitung =3,214 > ttabel=2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model quantum teaching berbasis pendidikan karakter berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci: quantum teaching, pendidikan karakter, IPA
References
Daryanto. 2014a. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media
DePorter, Bobbi. Dkk. 2014. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa
Meiyani, Kadek Sri. 2017. “Pengaruh Model Quantum Teaching Melalui Karyawisata Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, No:2. Terdapat pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10836/6938 (diakses tanggal 10 Desember 2017)
Musfah. Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Kencana
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. 2014. Jakarta: Kemendikbud
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
Setyawan, I Wayan Pasek Edi. 2017. “Pengaruh Quantum Teaching Berbasis Catur Pramana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Timur Tahun Pelajarn 2016/2017”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, No:2. Tersediapadamdownload.portalgaruda.org/article.php?...Pengaruh%20quantum%20teaching... (diakses tanggal 9 April 2018)
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta. Prenada Media Group
Sudewiputri, Made Padmarani. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum TerhadapHasil Belajar IPA Kelas IV di Gugus I Kecamatan Buleleng”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, No:1. Tersediapadamdownload.portalgaruda.org/article.php?...Pengaruh%20model%20%pembelajaran... (diakses tanggal 9 April 2018)
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.