PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN

Penulis

  • Ni Komang Mega Lestari undiksha
  • I Nengah Suadnyana undiksha
  • I Gusti Agung Oka Negara undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16418

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching berbasis pendidikan karakter terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok Non-Ekuivalen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur yang berjumlah 328 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 10 Kesiman yang berjumlah 42 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB SDN 3 Kesiman yang berjumlah 43 sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan melalui metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dalam bentuk gain skor dari kompetensi pengetahuan IPA. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh rata-rata gain skor kelompok eksperimen =0,34 > =0,25 kelompok kontrol. Melalui uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi 5% dan dk 83 diperoleh thitung =3,214 > ttabel=2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model quantum teaching berbasis pendidikan karakter berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: quantum teaching, pendidikan karakter, IPA

Referensi

Daryanto. 2014a. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media

DePorter, Bobbi. Dkk. 2014. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa

Meiyani, Kadek Sri. 2017. “Pengaruh Model Quantum Teaching Melalui Karyawisata Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, No:2. Terdapat pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10836/6938 (diakses tanggal 10 Desember 2017)

Musfah. Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Kencana

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. 2014. Jakarta: Kemendikbud

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks

Setyawan, I Wayan Pasek Edi. 2017. “Pengaruh Quantum Teaching Berbasis Catur Pramana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Timur Tahun Pelajarn 2016/2017”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, No:2. Tersediapadamdownload.portalgaruda.org/article.php?...Pengaruh%20quantum%20teaching... (diakses tanggal 9 April 2018)

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta. Prenada Media Group

Sudewiputri, Made Padmarani. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum TerhadapHasil Belajar IPA Kelas IV di Gugus I Kecamatan Buleleng”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, No:1. Tersediapadamdownload.portalgaruda.org/article.php?...Pengaruh%20model%20%pembelajaran... (diakses tanggal 9 April 2018)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group

Diterbitkan

2018-12-21

Cara Mengutip

Mega Lestari, N. K., Suadnyana, I. N., & Oka Negara, I. G. A. (2018). PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN. Mimbar Ilmu, 23(2), 122–131. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16418

Terbitan

Bagian

Articles