PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Ni Putu Jita Apsari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dibia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPS siswa SD kelas V di Gugus II Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah eksperimen semu menggunakan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas V Gugus II Kecamatan Kintamani. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Data Hasil Belajar IPS dianalisis dengan uji-t. Hasil analisi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan kelompok siswa dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvenional pada siswa SD kelas V Di Gugus II Kecamatan Kintamani. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (6,92) lebih besar dari nilai ttabel (2,01). Rata-rata skor hasil belajar IPS siswa menggunakan model Snowball Throwing yaitu 24,56 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar IPS siswa menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 18,22. Dengan demikian, model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa SD kelas V di Gugus II Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Kata-kata kunci : hasil belajar IPS, snowball throwing

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media.

Agung, A. A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Candiasa, I Made. 2010a. Statistika Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha.

Koyan. 2012. Statistika Pendidikan Teknik Analisis Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS. Maguwohajro: AR-RUZZ Media.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani.2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Putra, I. K. S., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2).

Wahyuningsih, S. W., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Bermediakan Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Sangsit Buleleng. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2).

Helmida, H. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Di Kelas Iv Sdn 29 Sungai Limau. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(3), 575-584.

Karningsih, T. (2016). UPAYA Meningkatkan Aktivitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Sumberjo Kecamatan Klaten Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Magistra, 28(95).

Kusumawati, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan snowball throwing terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas iv sdn bondrang kecamatan sawoo kabupaten ponorogo. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 1-12

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Jita Apsari, N. P., Dibia, I. K., & Antara, P. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Mimbar Ilmu, 24(3), 354–363. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21677

Issue

Section

Articles