PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21677Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPS siswa SD kelas V di Gugus II Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah eksperimen semu menggunakan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas V Gugus II Kecamatan Kintamani. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Data Hasil Belajar IPS dianalisis dengan uji-t. Hasil analisi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan kelompok siswa dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvenional pada siswa SD kelas V Di Gugus II Kecamatan Kintamani. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (6,92) lebih besar dari nilai ttabel (2,01). Rata-rata skor hasil belajar IPS siswa menggunakan model Snowball Throwing yaitu 24,56 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar IPS siswa menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 18,22. Dengan demikian, model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa SD kelas V di Gugus II Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata-kata kunci : hasil belajar IPS, snowball throwing
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media.
Agung, A. A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Candiasa, I Made. 2010a. Statistika Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha.
Koyan. 2012. Statistika Pendidikan Teknik Analisis Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS. Maguwohajro: AR-RUZZ Media.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani.2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Putra, I. K. S., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2).
Wahyuningsih, S. W., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Bermediakan Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Sangsit Buleleng. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2).
Helmida, H. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Di Kelas Iv Sdn 29 Sungai Limau. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(3), 575-584.
Karningsih, T. (2016). UPAYA Meningkatkan Aktivitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Sumberjo Kecamatan Klaten Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Magistra, 28(95).
Kusumawati, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan snowball throwing terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas iv sdn bondrang kecamatan sawoo kabupaten ponorogo. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 1-12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.