Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Peningkatan Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26213Abstract
Permasalahan utama penelitian ini yaitu rendahkan kompetensi pengetahuan siswa, model pembelajaran yang inovatif dan kreatif sangat penting diterapkan agar dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa terutama pada muatan pelajaran IPA. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis pengaruh model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan nonequivalent control group design (eksperimen semu). Populasi pada penelitian ini terdiri atas 266 siswa kelas IV. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 74 orang siswa yaitu 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 39 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varians. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2.810 > ttabel = 1.993 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 72. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Temuan ini akan memberikan implikasi berupa meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA yang dilakukan dengan penerapan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media audio visual saat kegiatan pembelajaran IPA berlangsung.
References
Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida. (2018). Pengaruh Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905
Anggara, I. M. C., Ardana, I. K., & Darsana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 2(2), 72–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12958
Astiti, N. P. M., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1, 86–93. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i2.11744
Astuti, R., Yetri, Y., & Anggraini, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kemagnetan Kelas. Indonesian Journal Of, 01(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2765
Dani, A. A., Hikmawati, A., & Fathan, F. (2019). Implementasi digital assurance dalam peningkatan mutu pendidikan di sastra Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.721
Elinawati, W., Duda, H. J., & Julung, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Sainsmat, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.701
Handayani, I. M., Pujiastuti, E., & Suhito. (2014). Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i1.3271
Idris, R., & Lestari, E. (2017). Pengaruh Pengorganisasian Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(1), 18–30. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a2
Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 984–988. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6336
Kurniasih, N. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 dan Pembelajaran PAI. Atthulab, 3(2), 157–168. https://doi.org/10.1179/1743280412Y.0000000001
Latifah, & Nurlaeli. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pembagian di Kelas IV MIN Gebang Udik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 97–108. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1474
Linuwih, S., & Sukwati, N. O. E. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Konsep Energi Dalam. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 158–162. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3352
Louk, M. J. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24–33. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132
Marzuki. (2017). Pembelajaran Tematik Model Webbed Berbasis Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Di SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 159–168. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p159
Misla, & Mawardi. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. 4(1), 64–69. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279
Morelent, Y., & Syofiani. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234
Pratiwi, N. L. K. A. Y., Ganing, N. N., & Wiarta, i W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10643
Rachmanita, L. D., Hidayat, O. S., & Sudrajat, A. (2020). Peningkatan Kedisiplinan Dan Prestasi Belajar Melalui Model Value Clarification Technique Di Sekolah Dasar. 3(4), 994–1004. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.225
Rahayuningsih, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Model Auditory Intellectually Repetition (Air). Erudio Journal of Educational Innovation, 3(2), 67–83. https://doi.org/10.18551/erudio.3-2.6
Rohmi, P. (2017). Peningkatan Domain Kompetensi pengetahuan siswa Melalui Penerapan Levels Of Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Edusains, 9(01), 15–23. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastut. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 3(12), 1572—1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796
Septiani, M. T., & Hasanah, M. (2019). Media Audio Visual untuk Pembelajaran Musikalisasi Puisi. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p031
Sihombing, L. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas VII.4 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Keliling Kelas Di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Dinamisia-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1095
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian (28th ed.). CV. Alfabeta.
Sumarni, Sugiarto, & Sunarmi. (2016). Implementasi Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition(Air) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Disposisi Matematis Peserta Didik Pada Materi Kubus Dan Balok. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2), 109–117. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11397
Suparti, T. (2016). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Gallery Walk Dalam Pembelajaran Konsep Kelistrikan. Scientiae Educatia: Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains, 5(2), 99–104.
Suriasa. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Menggunakan LKS Berbasis Scientific Aproach Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 190–204. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4853
Syarifah, & Sumardi, Y. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Malcolm’S Modeling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 237–247. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7510
Wardana. (2018). Peningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Standar Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kolegial Teknik Kunjungan Antar Kelas. Jurnal Tarbawi, 15(1), 93–112. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.721
Wicaksono, D. (2016). Pengaruh Media Audio-Visual MP-ASI Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Ibu Baduta Di Puskesmas Kelurahan Johar Baru. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), 4(2), 291–298. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1974
Wiyoko, T., Megawati, M., Aprizan, A., & Avana, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains (Osn). Warta LPM, 22(2), 67–75. https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8619
Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 3(2), 251–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.