PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Tejakula semester genap tahun pelajaran 2017/2018 antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Tejakula tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 162 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Les sebanyak 30 orang dan siswa kelas V SD Negeri 1 Les sebanyak 39 orang, yang ditentukan melalui teknik rondom sampling. Data hasil penelitian diperoleh melalui metode tes instrumen pilihan ganda yang dianalaisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik infrensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan menggunakan model Course Review Horay, dengan nilai t hitung = 2,384 lebih besar dari t tab =1,980. Artinya perbedaan dalam penerapan model pembelajaran dapat memengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Tejakula semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Rekomendasi untuk guru dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di gugus II Kecamatan Tejakula adalah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media audio visual.
Kata-kata kunci : model pembelajaran course review horay, media audio visual, hasil belajar IPS.
Referensi
Agung, A.A. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Kariadnyani, Kadek. Era. 2016. Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 4, No. 1.
Kurniasih, Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesional Guru. Jakarta: Kata pena.
Lapatta, Jusman. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Sintuwu. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 5, No.8.
Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006.
Santoso, Budi. 2013. Skema dan mekanisme pelatihan Panduan Penyelanggaraan pelatihan. Jakarta: Terang.
Siska. 2016. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta. Garudhawaca.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sriwati,Ni. Luh. Gede. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Bebantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1.
Welle,Deutsche. 2017. Rangking Pendidikan Negara-Negara Asean. http://www.dw.com/id/rangking-pendidikan-negara-negara-asean/g-37594464/ (1 Desember 2017).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.