PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Penulis

  • G.H. Andika Pratama Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ndara Tanggu Renda Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ketut Pudjawan Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Tejakula semester genap tahun pelajaran 2017/2018 antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Tejakula tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 162 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Les sebanyak 30 orang dan siswa kelas V SD Negeri 1 Les sebanyak 39 orang, yang ditentukan melalui teknik rondom sampling.  Data hasil penelitian diperoleh melalui metode tes instrumen pilihan ganda yang dianalaisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik infrensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan menggunakan model Course Review Horay, dengan nilai t hitung = 2,384 lebih besar dari t tab =1,980. Artinya perbedaan dalam penerapan model pembelajaran dapat memengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Tejakula semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Rekomendasi untuk guru dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di gugus II Kecamatan Tejakula adalah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay  berbantuan media audio visual.

 

Kata-kata kunci : model pembelajaran course review horay, media audio visual, hasil belajar IPS.

Referensi

Agung, A.A. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Kariadnyani, Kadek. Era. 2016. Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 4, No. 1.

Kurniasih, Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesional Guru. Jakarta: Kata pena.

Lapatta, Jusman. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Sintuwu. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 5, No.8.

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006.

Santoso, Budi. 2013. Skema dan mekanisme pelatihan Panduan Penyelanggaraan pelatihan. Jakarta: Terang.

Siska. 2016. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta. Garudhawaca.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sriwati,Ni. Luh. Gede. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Bebantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1.

Welle,Deutsche. 2017. Rangking Pendidikan Negara-Negara Asean. http://www.dw.com/id/rangking-pendidikan-negara-negara-asean/g-37594464/ (1 Desember 2017).

Diterbitkan

2018-12-21

Cara Mengutip

Pratama, G. A., Renda, N. T., & Pudjawan, K. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Mimbar Ilmu, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402

Terbitan

Bagian

Articles