PENGARUH PERSEPSI TENTANG DUNIA KERJA DAN MINAT KEAHLIAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMASI SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER PELITA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16439Abstrak
Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya minat keahlian, persepsi tentang dunia kerja, motivasi, intelegensi, cara belajar, kesiapan dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat : 1) Hubungan persepsi tentang dunia kerja dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia. 2) Hubungan minat keahlian mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia. 3) Hubungan minat keahlian mahasiswa dan persepsi tentang dunia kerja secara bersamaan dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia TA 2017 sebanyak 57 orang yang diambil dari populasi dengan teknik propotional random sampling. Data minat keahlian dan persepsi tentang dunia kerja diperoleh melalui angket dengan menggunakan skala likert. Data terkumpul dianalisis dengan statistik analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Dari hasil analisis ditemukan bahwa : 1) Terdapat hubungan antara persepsi tentang dunia kerja dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia secara signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,336. 2) Terdapat hubungan antara minat keahlian dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia secara signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,320. 3) Terdapat hubungan minat keahlian mahasiswa dan persepsi tentang dunia kerja secara bersama-sama dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia secara signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,400.
Kata kunci: persepsi tentang dunia kerja, minat keahlian, hasil belajar
Referensi
Hurlock, B. Elizabeth. 1978. Psikologi Perkembangan Anak. Terjemahan. Jakarta: Meitasari Tjendrasa.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Retno Widayati, dkk. 2003. Modul Pelayanan Bimbingan dan konseling Dinas Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta.
Leabit, Harold, J. 1986. Psikologi Management. New York: Mc Graw Hill Book Company.
Sagala, Syaiful. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.
Notodiharjo, Harjono. 1990. Pendidikan Tinggi dan Tenaga Kerja Tingkat Tinggi Indonesia. Jakarta: UI Press Jakarta.
Suharsimi, Arikunto. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi: Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: PT. Raha Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 1989. Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Oemar, Hamalik. 2001. Pendekatan Baru Strategi Dalam Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 1979. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.