Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25910Abstrak
Hasil belajar IPA siswa kelas V lebih rendah dari KKM dan pekerjaan orang tua siswa sebagaian besar sebagai wiraswasta. Permasalahan dalam kehidupan sehari-hari selalu berhubungan dengan IPA. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 134 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 113 orang siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data pola asuh orang tua dikumpulkan melalui pengisian angket, sedangkan data hasil belajar IPA siswa diperoleh melalui pencatatan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPA siswa kelas V yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi R sebesar 0,96 yang artinya antara pola asuh orang tua memiliki hubungan yang sangat kuat dengan hasil belajar IPA siswa Kelas V. Pola asuh yang positif atau menerima akan memiliki pengaruh yang baik, sehingga pola asuh ini dapat mendukung dan memacu peningkatan hasil belajar.
Referensi
Agustiana, I Gusti dan Nyoman Tika. 2013. Konsep Dasar IPA. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Amir, dkk. 2019. “Pengaruh Model Problem Based Learning dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Mts”. Jurnal Biofiskim. Vol. 1, No.1.
Anggraini, dkk. 2017. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepribadian Siswa SMA di Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. Vol.1, No.1.
Budang, Pinsesius. 2017. “Korelasi Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak”. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. Vol.3, No.2.
Fitasari, Putu dkk. 2019. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening”. International Journal of Elementary Education. Vol. 3, No.4.
Juniarti, Ni Komang dkk. 2020. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa”. Jurnal ilmiah Sekolah Dasar. Vol.4, No.1.
Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana.
Nurhamidah, Gima dkk. 2019. “Penerapan Model TS-TS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 1, No.2
Pucangan, Ketut dkk. 2017. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar SD Kelas II”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No.2.
Santi, dkk. 2020. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. Vol 7, No.2.
Sugiartini, Ketut dkk. 2017. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No.2.
Susanto, Ahmad. 2013. “Teori Belajar dan Pembelajaran”. Jakarta: Kencana.
Susanto, Dedy. 2019. “Anakku Hartaku”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wibowo, Agus. 2012. “Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widhiasih, Ika dkk. 2017. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS”. Jurnal Kreatif. Vol 7, No.2.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.