Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079Kata Kunci:
group investigation, hasil belajar, matematikaAbstrak
Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa kelas V dengan hasil tes belum optimal dan pembelajaran masih bersifat konvensional (teacher centered). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran group investigation. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Data dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 butir. Data hasil belajar dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata nilai siswa dan ketuntasan belajar. Data diambil dari tiga kegiatan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Data hasil belajar yang diperoleh siswa pra siklus yaitu dengan nilai rata-rata 64.35 dan ketuntasan belajar mencapai 48.39%, siklus I mengalami peingkatan dengan nilai rata-rata sebesar 68.55 ketuntasan belajar mencapai 58.06%, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 76.13 dan ketuntasan belajar 83.87%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V.
Referensi
Agung, A. A. . (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Andersen, T., & Watkins, K. (2018). The Value of Peer Mentorship as an Educational Strategy in Nursing. Journal of Nursing Education, 57(4), 217–224. https://doi.org/10.3928/01484834-20180322-05.
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). LeutikaPrio.
Ariadi, I. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) terhadap Hasil Belajar IPA KelaS IV. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3233.
Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017.
Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017.
Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5070.
Dewi, P. P. Y., Manuaba, I. S., & Suniasih, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 1(4), 264. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12957.
Febrianti, E. S., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe-Group Investigation (Gi) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.10-14.
Gabriele, K. M., Holthaus, R. M., & Boulet, J. R. (2016). Usefulness of Video-Assisted Peer Mentor Feedback in Undergraduate Nursing Education. Clinical Simulation in Nursing, 12(8), 337–345. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2016.03.004.
Han, J.-S., Baek, H. C., & Jeong, A.-S. (2015). The Effects of Psychiatric Nursing Simulation on Anxiety and Self-confidence about Clinical Placement of Nursing Students. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 16(11), 7812–7819. https://doi.org/10.5762/kais.2015.16.11.7812.
Irwan, N., & Sani, R. A. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Teamwork Skills terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 41. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2567.
Ismiyati. (2015). Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar PPKn Siswa Kelas Viii A SMP Negeri 2 Gedangsari - Gunungkidul Melalui Pembelajaran Group Investigation. 5(1). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p39-56.
Jaziroh, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.3283.
Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, W. R. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10881.
Kadek, N., Kusuma, D., Riastini, P. N., & Pudjawan, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Arias terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Candikusuma. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 5(No.2), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11038.
Khairani, A. L., & Ismah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Diintegrasikan dengan Kartu Tangram terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika., 2(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1642.
Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.251.
Lestari, E., Cahyono, H., & Awaluddin, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.12814.
Lestari, S. (2017). Penerapan Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. Journal of Medives, 1(2), 150–157.
Lilik, B. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kreativitas Mahasiswa Semester I PGSD UM Surabaya pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 84. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.598.
Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 4(2). https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.716.
Muliyantini, P., & Parmiti, D. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 91. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10143.
Nadiya, N., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (gi) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i2.63.
Ningsih, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTSN Kabupaten Kerinci. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 351–362. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.118.
Nurdin, H. S. (2016). Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. 1(1). http://dx.doi.org/10.30983/educative.v1i1.118.
Oh, E. (2019). Research on the Effective of Peer Instruction and Students’ Involvement. Asia-Pacific of Multimedia Services Convergent with Art Humanities, and Sociology, 9, 199–208. https://doi.org/10.35873/ajmahs.
Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535.
Putra, P. G. N., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88.
Sai, M. (2017). Pengaruh Model Group Investigation Berbasis Internet terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Digital Literasi Siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.9869.
Sanjaya, H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.
Stone, R., Cooper, S., & Cant, R. (2013). The Value of Peer Learning in Undergraduate Nursing Education: A Systematic Review. ISRN Nursing, 2013(i), 1–10. https://doi.org/10.1155/2013/930901.
Supriyanto, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 558. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.394.
Supriyanto, I., & Mawardi. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 524–532. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/394/pdf.
Sutrini, N. N., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus 7 Tianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.743.
Ulhusna, M., & Diana, S. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education., 4(1), 130–138. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050.
Wahyuni, N. L. P. ., Wibawa, I. M. C., & Renda, N. . (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Asesmen Kinerja terhadap Keterampilan Proses Sains. International Journal of Elementary Education, 2(3), 202. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15959.
Wana, P. R., Pangestu, W. T., & Agustina, D. A. (2017). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Direct Instruction pada Siswa Kelas V SDN Jiwan 01 Madiun. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 83–88. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/837.
Widiartini, P. D. O. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3). https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i1.20762.
Widiasari, N. K. R., & Sumantri, M. (2020). Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 143. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25094.
Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Group Investigation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51.
Zainuddin, H. (2013). Implementasi Pembentukan Karakter Bersahabat Melalui Model Pembelajaran Group Investigation. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 29(1), 69. https://doi.org/10.29313/mimbar.v29i1.368.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.