PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Putu Santra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12962

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran think pair share berbantuan power point dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus I Kecamatan Kubutambahan pada tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SD Gugus I Kecamatan Kubutambahan tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ialah SD Negeri 1 Bukti yang berjumlah 20 siswa dan SD Negeri 8 Kubutambahan yang berjumlah 21 siswa. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes (pilihan ganda), kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan power point dan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional

References

Aisyah. 2016. Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Palu. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 4 (hlm. 297-305)

Astawan, Gede. 2010. Dasar-dasar TIK. Singaraja: FIP Undiksha.

Darlin. 2015. Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Pairs Hare Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas V SD Inpres Duyu. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 7 (hlm. 257-264)

Husni, Muhammad, W. Lasmawan & A.A.I.N. Marhaeni. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar PKn Kelas IV SD Gugus I Selong ditinjau dari Motivasi Belajar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3 Nomor 1

Jasdilla, Kuswendi & Ramdhani. 2017. Hasil Belajar dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 6, Nomor 1 (Hlm. 96-105)

Khamid. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Think Pair Share pada Siswa Kelas VI SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. Nomor 02 (hlm. 8-15)

Kardiasih, Ayu, I Wyn Suwatra & Ni Kt. Suarni. 2013. Implementasi Strategi TPS Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif, Cetakan Pertama. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Mudjrimin, I. W. Lasmawan & A.A.I.N. Marhaeni. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair Share Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus 02 Kopang. ”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3

Novita, Rita. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Trigonometri di Kelas XI IA1 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Visipena. Volume 5 Nomor 1 (hlm. 128-135)

Prayudhawati, Etik. 2012. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Tema Kesadahan Air di SMPN 1 Loceret Nganjuk. E-Jurnal UNESA. Volume 1 Nomor 1 (hlm. 92-100)

Raditya, I Wayan. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Rasana, Raka. 2009. Model-model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sadiman, Arief S. dkk. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Cetakan Pertama. Jakarta: PT Indeks.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sujiantari, Ni Kadek. 2016. “Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Study Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016)”. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 7. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Edisi 1, Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutarminingsih, Ni Pt. Evi. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Kubutambahan Kecamatan Kubutambahan”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Sutrisni, Ni Wyn. Paris. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Yanti, Ni Wayan Widya. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn”. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Downloads

Published

2018-01-08

How to Cite

Santra, P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. International Journal of Elementary Education, 1(4), 307–315. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12962

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>