PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12962Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran think pair share berbantuan power point dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus I Kecamatan Kubutambahan pada tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SD Gugus I Kecamatan Kubutambahan tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ialah SD Negeri 1 Bukti yang berjumlah 20 siswa dan SD Negeri 8 Kubutambahan yang berjumlah 21 siswa. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes (pilihan ganda), kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan power point dan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensionalReferences
Aisyah. 2016. Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Palu. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 4 (hlm. 297-305)
Astawan, Gede. 2010. Dasar-dasar TIK. Singaraja: FIP Undiksha.
Darlin. 2015. Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Pairs Hare Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas V SD Inpres Duyu. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 7 (hlm. 257-264)
Husni, Muhammad, W. Lasmawan & A.A.I.N. Marhaeni. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar PKn Kelas IV SD Gugus I Selong ditinjau dari Motivasi Belajar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3 Nomor 1
Jasdilla, Kuswendi & Ramdhani. 2017. Hasil Belajar dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 6, Nomor 1 (Hlm. 96-105)
Khamid. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Think Pair Share pada Siswa Kelas VI SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. Nomor 02 (hlm. 8-15)
Kardiasih, Ayu, I Wyn Suwatra & Ni Kt. Suarni. 2013. Implementasi Strategi TPS Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif, Cetakan Pertama. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Mudjrimin, I. W. Lasmawan & A.A.I.N. Marhaeni. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair Share Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus 02 Kopang. ”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3
Novita, Rita. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Trigonometri di Kelas XI IA1 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Visipena. Volume 5 Nomor 1 (hlm. 128-135)
Prayudhawati, Etik. 2012. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Tema Kesadahan Air di SMPN 1 Loceret Nganjuk. E-Jurnal UNESA. Volume 1 Nomor 1 (hlm. 92-100)
Raditya, I Wayan. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.
Rasana, Raka. 2009. Model-model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sadiman, Arief S. dkk. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Cetakan Pertama. Jakarta: PT Indeks.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sujiantari, Ni Kadek. 2016. “Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Study Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016)”. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 7. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Edisi 1, Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sutarminingsih, Ni Pt. Evi. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Kubutambahan Kecamatan Kubutambahan”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.
Sutrisni, Ni Wyn. Paris. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.
Yanti, Ni Wayan Widya. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn”. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)