Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Bermediakan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18520Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay bermediakan audio visual dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk pada penelitian jenis eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati dengan jumlah siswa 150. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas V di SD Negeri 2 Batuan Kaler dan SD Negeri 4 Batuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan menggunakan instrumen tes pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial (uji-t) dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar IPA, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay bermediakan audio visual dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen (23,58) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (15,23). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay bermediakan audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018.Referensi
Agung, A. A .G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Ayuwanti, Irma. 2016 . Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X
Bamawi dan Mohammad A, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Ar-Ruzz Media, Jakarta.
Candiasa, I. M. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.
Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers
Depdiknas. 2003. Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BNSP.
Dewi, N. M. M. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Tahun Pelajaran 2013/2014 di Gugus IV Kecamatan Buleleng”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2 No: 1 Tahun 2014. (Diakses tanggal 24 Desember 2017)
Koyan, W. 2012. Statistik Pendidikan: Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kurniasih, I dan Berlin S. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . AULADUNA, VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2015: 233-245 . Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Nurkholis. 2013 . Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013.
Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiantari, N. P. E. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Mengwi”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2 No:1 Tahun 2014. (Diakses tanggal 24 Desember 2017
Soefandi dan Ahmad. 2009. Strategi Mengembangkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media Indonesia.
Susanto, A. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Tegeh, M. 2010. Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Widya, N. M. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Saraswati 2 Denpasar”.Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2 No:1 Tahun 2014. (Diakses tanggal 24 Desember 2017).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)