Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15964Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sawan dan sampel sebanyak 44 siswa ditentukan dengan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t sampel independen. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thitung = 5,59 > ttabel = 2,021). Dari rata-rata hitung, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol (22,81 > 17,00). Jadi model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018.Referensi
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Armiati, Sari, dkk. 2007. “Collaborative Learning Framework”. SNATI, ISSN: 1907-5002.
Barkley, E., dkk. 2014. Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Terjemahan Narulita Yusron. Collaborative Learning Techniques. 2005. Bandung: Nusamedia.
Budi Wicaksana,Rony. 2012. Penerapan Pembelajaran IPA Dengan Strategi Mind Mapping (Peta Pikiran) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 3 Madiun. Jurnal Pendidikan Sains, Vol.1, No.1.
Candiasa, M. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.
Logina Linto, Rendya dkk. 2012. Kemampuan Koneksi Matematis Dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No.1.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Purwasari,Yosi. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Perubahan Kenampakkan Permukaan Bumi Dan Benda Langit Melalui Peta Pikiran Pada Anak Kesulitan Belajar Kelas IV SD 13 Balai Balai Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol. 1, No.1.
Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Santoso, S. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Wonogiri, Jawa Tengah”. Berkala Fisika Indonesia. Volume 5 Nomor 1 (hlm. 15-19).
Situmorang, Rappel. 2013. Pengaruh Metode Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, Vol. 19, No.1.
Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alafabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Margowati, Danik. Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Disertai Strategi Quantum Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Sebelas Maret.
Marhamah, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC)”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, Volume 2, Nomor 3 (hlm. 277-282).
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Syahrir dan Elma Heliati. 2017. Analisis Mind Map Siswa Kelas VII C Smpn 6 Kopang. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), Vol. 3, No.1
Wahida, M. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Kelurahan Kaliuntu Tahun Pelajaran 2015/2016”. Mimbar PGSD Unniversitas Pendidikan Ganesha. Volume 4, Nomor 1 (hlm. 1-11).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)