KODI: Learning Media for Weather and Climate Topics

Penulis

  • Ferico Rezatatya Christy Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39697

Kata Kunci:

learning media, offline, online learning

Abstrak

Kurangnya ketersedian media pembelajaran yang dapat guru gunakan dalam pembelajaran daring menyebabkan guru jarang menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran daring sehingga menyulitkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi KODI pada topik cuaca dan iklim di Indonesia kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 4 orang ahli, keempat orang tersebut terdiri atas 2 orang ahli isi dan 2 orang ahli media, 2 orang guru sebagai praktisi, serta 5 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi, kuesioner/angket, lembar studi dokumen, pedoman wawancara, dan rating scale. Data validasi isi yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus Indeks Validitas Aiken. Dari perhitungan Indeks Validitas Aiken adalah  0,75-1, dengan kategori validasi sedang hingga tinggi. Berdasarkan perhitungan persentase respon, aplikasi KODI mendapat persentase respon guru adalah 90,4% dan respon siswa 96%. Kualifikasi respon tersebut adalah pada kategori sangat baik. Aplikasi komik digital (KODI) dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi topik cuaca dan iklim di Indonesia sehiingga dapat memberikan siswa pengalaman belajar baru dan tidak bosan saat mengikuti pembelajaran karena komik digital disesian dengan menggunakan animasi yang dapat menarik minat siswa.

Biografi Penulis

Ferico Rezatatya Christy, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Putu Nanci Riastini, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan Media Kartu terhadap Minat Belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.76.

Aggleton, J. (2019). Defining digital comics: a British Library perspective. Journal of Graphic Novels and Comics, 10(4), 393–409. https://doi.org/10.1080/21504857.2018.1503189.

Agusvian, H. (2021). Pengembangan Media Komik Pada Pembelajaran Qiroah Materi Perkenalan Kelas VII Mts Muallimin NW Pancor Development of Comic in Qiroah Learning Introduction Material for VII Grade at Mts Muallimin NW Pancor A . Almahara. 7(1), 45–63. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-03.

Amalia, R. U., Isnaeni, B., & Hanafi, Y. (2020). Analisis kendala peserta didik dalam pembelajaran online materi biologi di Smp Negeri 3 Bantul. Bio Education, 5(2), 10–15.

Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194.

Ayu, M., Sari, F. M., & Muhaqiqin, M. (2021). Pelatihan Guru dalam Penggunaan Website Grammar Sebagai Media Pembelajaran selama Pandemi. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.24042/almuawanah.v2i1.8904.

Azubuike, O. B., Adegboye, O., & Quadri, H. (2021). Who gets to learn in a pandemic? Exploring the digital divide in remote learning during the COVID-19 pandemic in Nigeria. International Journal of Educational Research Open, 2–2, 100022. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100022.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of webtoon non-test instrument as education media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185–192. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21007.

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295.

Damayanti, A. E., & Kuswanto, H. (2021). Developing Android-Based Marbles Game Comics Using Group Investigation Model in Physics Learning. Proceedings of the 7th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences (ICRIEMS 2020), 528(Icriems 2020), 440–445. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210305.064.

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11. https://www.researchgate.net/publication/315105651.

Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan Komik Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.817.

Ghasem, N., & Ghannam, M. (2021). Challenges, benefits & drawbacks of chemical engineering on-line teaching during Covid-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 36, 107–114. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.04.002.

Hidayah, I., Dwijanto, & Istiandaru, A. (2018). Manipulatives and question series for elementary school mathematics teaching on solid geometry. International Journal of Instruction, 11(3), 649–662. https://doi.org/10.12973/IJI.2018.11344A.

Hidayah, Y. F., Siswandari, S., & Sudiyanto, S. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akuntansi Pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa Smk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 239. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588.

Hobri, Murtikusuma, R. P., & Hermawan, L. I. (2019). Development of e-comic using pixton and kelase web on linear program of two variables assisted by geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1265, 012010. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1265/1/012010.

Hussein, E., Daoud, S., Alrabaiah, H., & Badawi, R. (2020). Exploring undergraduate students’ attitudes towards emergency online learning during COVID-19: A case from the UAE. Children and Youth Services Review, 119, 105699. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105699.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364.

Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595.

Izzah, M. A., & Ma’sum, A. (2021). Pengembangan Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah untuk Siswa Kelas X MA Almaarif Singosari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(8), 1081–1094. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1081-1094.

Jannah, M., & Nurdiyanti, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Peredaraan Darah Pada Manusia Kelas Xi Sma Buq’Atun Mubarakah Makassar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 75–84. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.21.

Jannah, R. N., Wulandari, N. L., & Budi, S. (2020). Pengalaman Belajar Daring Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Pandemi Covid-19 Di Sd Inklusif. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 359. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8040.

Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. (2021). Teachers’ attitudes towards social media (SM) use in online learning amid the COVID-19 pandemic: the effects of SM use by teachers and religious scholars during physical distancing. Heliyon, 7(4), e06781. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06781.

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642.

Khamidah, N. (2017). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b), 114–119. https://doi.org/10.30651/else.v1i2b.1059.

Khotimah, N., & Ratnawuri, T. (2021). Pengembangan E-Comic Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Kebijakan Moneter Dan Kebijakan Fiskal Kelas XI SMA Paramarta Seputih Banyak. PROMOSI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 83–95. https://doi.org/10.24127/pro.v9i1.3843.

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911.

Manurung, R., Sadjiarto, A., & Sitorus, D. S. (2021). Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online dan Dampaknya Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 729. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3853.

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, 1, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Murti, D. K. (2020). Development of Educational Comic with Local Wisdom to Foster Morality of Elementary School Students: A Need Analysis. International Journal of Educational Methodology, 6(2), 337–343. https://doi.org/10.12973/ijem.6.2.337.

Mustikasari, L., Priscylio, G., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). The development of digital comic on ecosystem for thematic learning in elementary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012066.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index.

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The Development of Gravity Comic Learning Media Based on Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7.

Pelajaran, M., & Di, I. P. A. (2017). Pengembangan lks tematik berbasis komik pada mata pelajaran ipa di smp 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 232–239. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i3.5318.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293.

Purnamasari, H., Siswoyo, S., & Serevina, V. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Pada Materi Dinamika Rotasi. VII, SNF2018-PE-29-SNF2018-PE-35. https://doi.org/10.21009/03.snf2018.01.pe.05.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a.

Putra, I. G. A. S., & Putra, D. K. N. S. (2021). Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning in Science Pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 81–89. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32434.

Rafique, G. M., Mahmood, K., Warraich, N. F., & Rehman, S. U. (2021). Readiness for Online Learning during COVID-19 pandemic: A survey of Pakistani LIS students. The Journal of Academic Librarianship, 47(3), 102346. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102346.

Riastini, P. N., Sriwijnyani, N. M., Suryadarma, I., & Wangid, M. N. (2020). Innovation in Elementary Schools: Engaging Augmented Reality and Balinese Folklore for Science Learning Aids. Universal Journal of Educational Research, 8(12), 6552–6560. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081220.

Ridha, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.925.

Rina, R. D. S., Shodiqin, A., Pramasdyahsari, A. S., & Endahwuri, D. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E-Comic bagi Guru SD Se-Candisari Kota Semarang. Jurnal Anugerah, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3284.

Rohana, S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid 19. AT-TAD’BID: Jurnal Ilmiah Prodi Agama Islam, 12(2), 192–207. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.441.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman, 1(2), 100. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213.

Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329.

Setiawan, D. W. (2019). The Influence of Active Learning on the Concept of Mastery of Sains Learning by Fifth Grade Students at Primary School. International Journal of Educational Methodology, 5(1), 189–194. https://doi.org/10.12973/ijem.5.1.189.

Setyaningsih, A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Pada Materi Kebijakan Moneter Dan Fiskal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS 1 MAN 1 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(1), 1–6. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n1.p1-6.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tang, Y. M., Chen, P. C., Law, K. M. Y., Wu, C. H., Lau, Y., Guan, J., He, D., & Ho, G. T. S. (2021). Comparative analysis of Student’s live online learning readiness during the coronavirus (COVID-19) pandemic in the higher education sector. Computers & Education, 168, 104211. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104211.

Wahyudin, A. Y., Jepri, D., Simamora, M. W., Pratiwi, I. W., & Rina, A. (2020). Penggunaan Komik Digital Toondoo Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Menengah. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 1. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.673.

Wardani, D. K., Martono, T., Pratomo, L. C., Rusydi, D. S., & Kusuma, D. H. (2018). Online Learning in Higher Education to Encourage Critical Thinking Skills in the 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 146–153. https://doi.org/10.24331/ijere.517973.

Wijaya, S. N., Johari, A., & Wicaksana, E. J. (2020). Development of Learning Media of Digital Comic Based on Indonesian Heroic Character on Circulatory System Material. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(2), 67–78. https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i2.2582.

Wijayanto, P. A., Nafi’ah, K., & Pratomo, V. (2021). Persepsi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang Menjelang Pandemi Covid-19/ Perception of the Use of Online-Based Learning Media by Geography Education Students, Semarang State University Ah. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 117–132. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i2.12084.

Diterbitkan

2022-02-25

Cara Mengutip

Christy, F. R., & Riastini, P. N. (2022). KODI: Learning Media for Weather and Climate Topics. International Journal of Elementary Education, 6(1), 69–77. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39697

Terbitan

Bagian

Article