Penerapan Model Problem Solving Berbantu Media Kalkulator Ajaib untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung

Authors

  • Akhsin Amrulloh Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto . Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Husnul Hadi Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17298

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika di kelas V Sd N Wonolopo 02 Semarang adalah rendahnya dalam kemampuan pemahaman operasi hitung dan pemecahan masalah matematika pada siswa, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem solving berbantu media kalkulator ajaib untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep operasi hitung pada siswa kelas V SD N Wonolopo 02 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa. Sampel yang diambil adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa, dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis teknik sampling jenuh. Nilai pemahaman konsep operasi hitung diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji lilliefors, analisis data akhir dengan uji t-test dan uji N-Gain. Berdasarkan pada analisis data akhir yang telah dilakukan perhitungan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,36 > 2,021 maka hipotesis dapat diterima, dan perhitungan dengan uji N-Gain diperoleh 0,36 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model problem solving berbantu media kalkulator ajaib efektif untuk meningkatkan kemampuan konsep operasi hitung pada siswa kelas V SD N Wonolopo 02 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran problem solving berbantu media kalkulator ajaib dapat digunakan sebagai alternative guru dalam mengajar.

 

Kata kunci: Model Problem Solving, Media Kalkulator Ajaib, Pemahaman Konsep, Operasi Hitung

References

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perseda.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Balajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hidayat, T. (2014). Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Problem Solving Polya Materi Fluida Dinamis terhadap Kemampuan Menganalisis Peserta didik. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ikhwanuddin, Jaedund, A., & Purwantoro, D. (2010). Problem Solving Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatakan Kemampuan Mahasiswa Berpikir Analitis. Jurnal Kependidikan, 40(2), 215–230.

Jamhari. (2010). Penerapan Pendekatan Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik SMP Negeri 21 Palu pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Biodidaktis, 3(2), 84.

Kokom, K. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi. In Prosiding seminar nasional penelitian, pendidikan dan penerapan MIPA Fakultas MIPA UNY (p. 1).

Kristiyawan, Arief. 2009. Peningkatan Pemahaman Konsep Luas Permukaan serta Volume Kubus dan Balok melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Snowball. Surakarta: Skripsi FKIP UMS. (Tidak Diterbitkan).

Soegeng, A.Y, dan Suharno, Agus. 2010. Statistika Inferensial.Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, M.A. 2005. Metoda Statistika. Bandung : PT Tarsito

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Jakarta Kencana.

Undang - Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Retrieved from P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207 Vol. 6, No.1, April 2017 http://setneg.go.id/index.php?option=com_perundangan&id=323&task=detail&catid=1&Itemid=42&tahun=2003

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Issue

Section

Articles