Determinasi Sikap Profesi, Kompetensi Mengelola Proses Pembelajaran dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21367Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya determinasi sikap profesi, kompetensi mengelola proses pembelajaran dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru pada Sekolah Dasar di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto dan pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner. Penentuan responden berdasarkan table Krejeie dan Morgan yaitut sampel 148 guru yang diambil secara acak. Analisis data menggunakan regresi sederhana, korelasi parsial, regresi ganda, korelasi ganda. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: Pertama: terdapat determinasi yang signifikan antara sikap profesi (X1) terhadap kepuasan kerja guru (Y) ; Kedua: terdapat determinasi yang signifikan antara kompetensi mengelola proses pembelajaran (X2) terhadap kepuasan kerja guru (Y) , Ketiga: terdapat determinasi yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah (X3) terhadap kepuasan kerja guru (Y), dan Keempat: terdapat determinasi yang signifikan antara sikap profesi (X1), kompetensi mengelola proses pembelajaran (X2), kepemimpinan kepala sekolah (X3) terhadap kepuasan kerja guru (Y).References
Ardiatmika Adnyana, I Ketut. 2011. kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik dan sikap guru terhadap profesinya dengan kinerja guru matematika SMP Negeri di Kabupaten Jembrana.Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol 7 No. 2 Tahun 2011.
Anwar, Qomary dan Syaiful Sagala.2004. Profesi Jabatan Kependidikan dan Guru Sebagai Upaya Menjamin Kualitas Pembelajaran.Jakarta : Uhamka Press
Anwar, M. Idochi. 2004. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Atmodiwiro S. 2005. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.
Azwar, Saifuddin. 1988. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.
Bafadal. 2009. Pengelolaan Perspustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Damayanti, Ni Nyoman. 2009. Study Korelasi antara Motivasi Berprestasi, Kompetensi Profesional dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Cahaya Harapan Indonesia Sejahtra (CHIS) Denpasar. Singaraja: Tesis Program Pascasarjana, Undhiksa.
Mulyasa.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya
-----------. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya
Makmun, H. A. S. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung. Rosda Karya
Naditayasa, I Wayan. 2009. Determinasi Sikap Guru Terhadap Profesinya, Konsep Diri Guru dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru Olahraga SMP Negeri di Kabupaten Tabanan. Singaraja: Tesis Pasacasarjana Undiksha.
Ridwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Ridwan dan Engkos Achmad Kuncoro.2006. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analisis). Bandung: Alfabeta
Santosa, Murwani. 2005. Model Proposial. Bahan Kuliah Statistika. Jakarta: Pasca Uhamka
Setiaji, Bambang. 2004. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta: Program Pascasarjana UMS.
Suharsismi, Arikunto. 2004. Managemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Sujoko, Harianto Adi. 2003. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMU Negeri 3 Sukoharjo. Surakarta: Tesis Pascasarjana UMS.
Sunarni, Nani. 2006. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Kuningan.Tesis. Bandung: Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutama. 2006. Hubungan Motivasi Berprestasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Dosen Politeknik Negeri Bali. Singaraja: Tesis Pascasarjana Undiksha.
Suyastra. 2008. Hubungan antara Kompetensi, Sikap Profesional dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri Unggulan di Denpasar. Singaraja: Tesis Pascasarjana Undiksha.
Syah, Muhibin. 2003, Dasar-dasar Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya
Tilaar, H. A.R.. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional. Tinjauan dari perspektif postmodernisme dan studi kultural. Jakarta: Penerbit Buku Kompas
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta: Karya Mandiri
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)