Determinasi Sikap Profesi, Kompetensi Mengelola Proses Pembelajaran dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar

Authors

  • I Made Warga Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya determinasi sikap profesi, kompetensi mengelola proses pembelajaran dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru pada Sekolah Dasar di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto dan pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner. Penentuan responden berdasarkan table Krejeie dan Morgan yaitut sampel 148 guru yang diambil secara acak. Analisis data menggunakan regresi sederhana, korelasi parsial, regresi ganda, korelasi ganda. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: Pertama: terdapat determinasi yang signifikan antara sikap profesi (X1) terhadap kepuasan kerja guru (Y) ; Kedua: terdapat determinasi yang signifikan antara kompetensi mengelola proses pembelajaran (X2) terhadap kepuasan kerja guru (Y) , Ketiga: terdapat determinasi yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah (X3) terhadap kepuasan kerja guru (Y), dan Keempat: terdapat determinasi yang signifikan antara sikap profesi (X1), kompetensi mengelola proses pembelajaran (X2), kepemimpinan kepala sekolah (X3) terhadap kepuasan kerja guru (Y).

References

Ardiatmika Adnyana, I Ketut. 2011. kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik dan sikap guru terhadap profesinya dengan kinerja guru matematika SMP Negeri di Kabupaten Jembrana.Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol 7 No. 2 Tahun 2011.

Anwar, Qomary dan Syaiful Sagala.2004. Profesi Jabatan Kependidikan dan Guru Sebagai Upaya Menjamin Kualitas Pembelajaran.Jakarta : Uhamka Press

Anwar, M. Idochi. 2004. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Atmodiwiro S. 2005. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Azwar, Saifuddin. 1988. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Bafadal. 2009. Pengelolaan Perspustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Damayanti, Ni Nyoman. 2009. Study Korelasi antara Motivasi Berprestasi, Kompetensi Profesional dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Cahaya Harapan Indonesia Sejahtra (CHIS) Denpasar. Singaraja: Tesis Program Pascasarjana, Undhiksa.

Mulyasa.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya

-----------. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya

Makmun, H. A. S. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung. Rosda Karya

Naditayasa, I Wayan. 2009. Determinasi Sikap Guru Terhadap Profesinya, Konsep Diri Guru dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru Olahraga SMP Negeri di Kabupaten Tabanan. Singaraja: Tesis Pasacasarjana Undiksha.

Ridwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Ridwan dan Engkos Achmad Kuncoro.2006. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analisis). Bandung: Alfabeta

Santosa, Murwani. 2005. Model Proposial. Bahan Kuliah Statistika. Jakarta: Pasca Uhamka

Setiaji, Bambang. 2004. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta: Program Pascasarjana UMS.

Suharsismi, Arikunto. 2004. Managemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sujoko, Harianto Adi. 2003. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMU Negeri 3 Sukoharjo. Surakarta: Tesis Pascasarjana UMS.

Sunarni, Nani. 2006. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Kuningan.Tesis. Bandung: Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutama. 2006. Hubungan Motivasi Berprestasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Dosen Politeknik Negeri Bali. Singaraja: Tesis Pascasarjana Undiksha.

Suyastra. 2008. Hubungan antara Kompetensi, Sikap Profesional dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri Unggulan di Denpasar. Singaraja: Tesis Pascasarjana Undiksha.

Syah, Muhibin. 2003, Dasar-dasar Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya

Tilaar, H. A.R.. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional. Tinjauan dari perspektif postmodernisme dan studi kultural. Jakarta: Penerbit Buku Kompas

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta: Karya Mandiri

Downloads

Published

2019-10-17

Issue

Section

Articles