MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Authors

  • I Wayan Widiana Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ndara Tanggu Rendra Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Wulantari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563

Keywords:

Pengembangan, Puzzle, IPA, validitas, efektivitas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran puzzle, (2) mengetahui validitas hasil pengembangan media pembelajaran puzzle, dan (3) mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, kuesioner, tes dan pencatatan dokumen. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Rancang bangun pengembangan media pembelajaran puzzle melalui model ADDIE yang terdiri atas analisis (Analyze), rancang bangun (Design), pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan evaluasi  (Evaluation). (2) Produk dinyatakan valid dilihat dari review para ahli dan uji coba siswa dengan (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan media pembelajaran puzzle berkualifikasi sangat baik (97,14%), (b) hasil ahli desain pembelajaran menunjukkan media pembelajaran puzzle berkualifikasi baik (88%), (c) hasil ahli media pemebelajaran menunjukkan media pembelajaran puzzle berkualifikasi cukup (70%), (d) hasil uji coba perorangan menunjukkan media pembelajaran puzzle berkualifikasi sangat baik (94%), uji coba kelompok kecil menunjukkan media pembelajaran puzzle berkualifikasi sangat baik (93%), dan uji coba lapangan berkualifikasi baik (87,33%). (3) Uji efektifitas media pembelajaran puzzle menunjukkan bahwa hasil thitung (9,240) > ttabel (2,056). Ini berarti media pembelajaran puzzle efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA di SD Negeri 2 Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Agung, Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Agung, Gede. 2015. Statistika Inferensial. Singaraja: Undiksha.

Alamuddin. 2013. “Penilaian Dalam Kurikulum 2013”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional. Vol. 01. No. 1(hlm. 24-214).

Aly Abdullah & Rahma Eny. 2009. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsanti, Meilan. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Mata kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA”. Jurnal Kredo, Volume 1, Nomor 2 (hlm. 71-90).

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Arifuddin, Ahmad, dkk. 2017. “ Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 2, No. 1 (hlm. 11-17).

Denpykora, Decky, dkk. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tounament (TGT) Berbantuan Media Puzzle Materi Jenis-Jenis Ekosistem Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V”. Internasional Journal of Elementary Education. Volume 2. Number 4 (hlm. 291-297).

Elan, dkk. 20017. “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri”. Jurnal PAUD Agapedia. Vol. 1. No. 1 (hlm. 67).

Falak, Samsul. 2016. “Tingkat Kompetensi Pengetahuan Perpustakaan Bagi Guru Madrasah Melalui Diklat Substantif Pembekalan Penugasan Tambahan Calon Kepala Perpustakaan”. Jurnal KHIZANAH AL-HIKMAH. Vol. 4. No. 1 (hlm. 65-75).

Gayatri, Aulia Nofa, dkk. 2018. “Keefektifan Model Make A Match Berbantuan Media Kartakalung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. Jurnal Ilmu Sekolah Dasar. Volume 2. Number 4 (hlm. 475-481).

Indrayani, Putu Susma, dkk. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Ttw Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD”. Singaraja, Volume 2 Nomor 1.

Kasri. 2018. “Peningkatan Prestasi Belajar Matemattika melalui media Puzzle Siswa kels 1 SD”. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. Vol. 2 No. 3 (hlm. 320-325).

Koyan, I Wayan. 2011. Assesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: universitas Pendidikan Ganesha.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Maulida, Achlisha & Zulfitria. 2017. “Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Autis Melalui Pemanfaatan Media Puzzle pada Siswa kelas 2 Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah PGSD. Volume 1 No. 2 (hlm. 120-130).

Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Purwani, Ni putu rita, dkk. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and picture Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa”. Internasional Journal of Elementary Education. Volume 2. Number 3 (hlm. 166-172).

Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, Ni M.C.D, dkk. 2018. “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V”. Internasional Journal of Elementary Education. Volume 2. Number 3 (hlm. 212-218).

Rakhma, Ifa Seftia dkk. 2016. “Pengembangan Magic Crossword Puzzle Sebgai Media Pembelajaran IPA untuk Siswa kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Refleksi Edukatika. Volume 7. Nomor 1(hlm. 70-77).

Retnoningsih, dkk. 2013. “Pengembangan Kognitif Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Puzzle Angka Pada Anak Kelompok A semester II TK ATH-THORRIQ Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 1. No. 1 (hlm. 1-10).

Rumakhit, Nur. 2017. “Pengembangan Media Puzzle untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis simbolis dan Rantai Makanan klas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017”. Jurnal Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol. 01. No. 02 (hlm. 1-9).

Sadiman, Arief S, dkk. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Saubbaissagu, Valeria. 2016. “Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas II B SD Negeri Gedongkiwo”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5. No. 38

Suarjana, I Made & Japa. 2015. Pendidikan Matematika III. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Singaraja.

Suarno, Dendi Tri dan Sukirno. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran IPS dengan Tema Pemanfaatan dan Pelestarian Sungai untuk Siswa Kelas VII SMP”. Harmoni Sosial. Jurnal Pendidikan IPS, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 155-125).

Sudarma, I Komang, dkk. 2015. Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Susanto, Ari Prabawati & Fitria Evy. 2018. “Upaya Meningkatkan Konsep Bilangan Melalui Puzzle Angka Pada Anak Usia 4-6 Tahun”. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 7. No. 2 (hlm. 2-11).

Suwatra, I Wayan, dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I Made & Kirna. 2010. Meetode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Graha Ilmu.

Tegeh, I Made, dkk. 2012. Seminar Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Undang-Undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 47 Tahun 2003. 2008. Bandung: Citra Umbara.

Downloads

Published

2019-10-30

Issue

Section

Articles